Adu Nyali di Estadio Mineirao, Belo Horizonte

Selasa, 08 Juli 2014


BELO HORIZONTE, RADARPEKANBARU.COM - Brazil selangkah lagi mengamankan tiket final Piala Dunia 2014 di kandang sendiri. Selecao (julukan timnas Brazil) bisa menyegel satu tempat di final bila mampu mengalahkan Jerman di semifinal, Rabu (9/7) dini hari WIB (siaran langsung TVOne/ANTV, 03.00 WIB).

Pertandingan yang berlangsung di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, nanti, akan menjadi pertemuan ke-22 bagi kedua tim. Hasilnya, sejarah lebih berpihak kepada tuan rumah yang lebih sering memenangi pertarungan. Dari 21 pertandingan sebelumnya, 12 kali kemenangan jadi milik Brazil. Satu-satunya pertemuan kedua negara ini di ajang Piala Dunia terjadi pada babak final Piala Dunia 2002. Ketika itu, Brazil dengan Ronaldo-nya memupuskan ambisi Jerman untuk meraih trofi keempatnya.

Mimpi buruk Jerman saat berjumpa dengan Brazil pun semakin panjang jika melihat dari daftar pertemuannya di Piala Konfederasi 1999 dan 2005. Bahkan, tujuh tahun silam pemain-pemain Brazil mampu mempecundangi Jerman di depan publiknya sendiri yang memadati Franken Stadion, Nuernberg, lewat aksi Adriano. Namun, dari sekian banyak catatan kemenangan Brazil atas Jerman, momen di Yokohama menjadi yang paling diingat Luiz Felipe Scolari, pelatih Brazil di Piala Dunia 2014 ini. Maklum, ketika itu Felipao (pangilan akrab Scolari) menjadi sosok di balik layar yang membidani trofi Piala Dunia kelima Brazil tersebut.

Nah, kali ini, 12 tahun berselang, momentum itu juga yang ingin kembali diulangi Felipao dengan generasi baru Brazil. Bedanya, untuk pertandingan babak semifinal krusial ini, armada Felipao bakal pincang di dua sektor pentingnya. Yaitu di serangan dan pertahanan.

Tidak adanya nama Neymar da Silva Santos Junior yang harus absen hingga akhir Piala Dunia karena retak tulang belakang menjadi kehilangan terbesar Brazil. Derita Brazil itu semakin bertambah setelah palang pintu andalan sekaligus kapten tim Thiago Silva juga absen karena akumulasi kartu kuning.(rp)