Mahasiswa KKN UMRI bekerja sama dengan ibu-ibu PKK membuat sabun cuci piring.

Selasa, 06 Agustus 2019

RADARPEKANBARU.COM – Minggu, (28/07/2019) Mahasiswa UMRI (Universitas Muhammadiyah Riau) yang sedang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke 3 Yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan melakukan Sosialisasi pembuatan Sabun Cuci Piring Rumahan bersama ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) jalur 7.


KKN Umri desa Mamkmur kelompok 15 memanfaatkan limbah rumah tangga, sehingga menghasilkan barang yang berguna bagi ibu-ibu sebagai sabun cuci piring. “harapan kita tentunya bisa mengurangi limbah rumah tangga seperti minyak goreng bekas” ujar Yona selaku mahasiswa jurusan fisika.
Sosialisasi ini di sambut baik oleh ibu-ibu PKK.

 

“kami sangat senang dengan adanya sosialisasi ini karna sangat membantu kami dalam hal penghematan belanja rumah tangga sbebab sudah bisa buat sendiri” Ujar ibu Rt 02 Rw 03 Desa Makmur. Kemudian dengan adanya sosialiasi pembuatan sabun cuci piring rumahan ini membuat semangat ibu-ibu PKK ini ingin mengembangkan serta memproduksi dengan jumlah banyak dan memasarkannya.


“ini bisa menjadi pendapatan kita ibu-ibu PPK jika di jual” ujar ibu Rt 02 Rw 03 Desa Makmur. Selanjutnya setelah mebuat sabun cuci piring rumahan mahasiswa umri juga melakukan sosialisasi cara pemasaran melalui media sosial. “cara efektif untuk memasarkan barang saat ini adalah melalui media sosial” ujar Khoirun mahasiswa jurusan ilmu komunikasi.


“Semoga program kerja kami ini berguna dan bermanfaat bagi masyarakat desa Makmur khususnya jalur 7 ini” tutup Rafli selaku Kordes KKN Umri kelompok 15.(rr)