Harap Waspada, 5 Ton Daging tak Layak Konsumsi Beredar di Pekanbaru

Kamis, 03 Juli 2014


RADARPEKANBARU.COM - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Pekanbaru, Edwar Yunus, mengatakan pihaknya menemukan daging tidak layak edar sebanyak 5 ton pada razia daging beredar di pasar Pekanbaru beberapa hari lalu.

Temuan ini langsung ditangkap dan ditertibkan oleh Distan Kota Pekanbaru dan diberikan surat peringatan.

"Ada temuan 5 ton daging tidak layak edar dari Siak, kondisi dagingnya sudah lembut," ujar Edwar Yunus, Rabu (2/7/2014).

Menurut Edwar, daging yang sudah diamankan itu setelah diberikan peringatan dikembalikan lagi ke pemilik, karena masih belum rusak cuma sudah berubah warnanya agak pucat.

"Memang kita kembalikan barang buktinya, setelah didata dan diberi peringatan," urainya.

Operasi razia serupa, menurut Edwar, akan terus digelar hingga Idul Fitri, baik untuk daging segar maupun untuk daging beku serta daging lainnya yang tidak layak edar.

"Daging beku di mall-mall akan di operasi pasar selama Ramadhan hingga Idul Fitri," tandasnya.

Ia menambahkan, kebutuhan daging di Pekanbaru di pasok dari Lampung dan Medan. Jumlahnya mencapai ratusan ekor perhari. Sementara kebutuhan pemotongan daging di Rumah Potong Hewan (RPH) perharinya selama puasa bervariasi. Pada waktu sehari sebelum puasa jumlah hewan yang dipotong mencapai 68 ekor permalam.

"Jumlah 68 ekor sapi permalam ini dilakukan dari awal puasa hingga hari kedua puasa, hari ketiga jumlahnya menurun menjadi 48 ekor," urainya.

Jumlah ini akan kembali naik sepekan menjelang Idul Fitri, bahkan kenaikannya mencapai 100 persen. (ram)