Speed Boat Milik Pemkab Pelalawan Dibiarkan Tenggelam

Kamis, 20 Juni 2019

RADARPEKANBARU.COM.Satu unit 'Speed Boat' milik pemerintah daerah kabupaten Pelalawan dibiarkan saja, tenggelam yang sedang berlabuh di dermaga desa Serapung kecamatan Kuala Kampar. Ironisnya, Speed Boat yang diperuntukkan, untuk masyarakat setempat baru saja, diperoleh melalui bantuan APBN Tahun Anggaran 2018.

Peristiwa tersebut diketahui, Rabu (19/6/19). Informasi yang diperoleh dilapangan menyebutkan, lebih sepertiga 'Speed Boat' di dinding bertuliskan, SB. Pelalawan Emas 2, terendam oleh air. Diduga kuat, 'Speed Boat' yang juga pada bagian belakangnya, bertuliskan DAK Afirmasi Transportasi T.A 2018, tidak terawat saat berlabuh di dermaga.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadisbub) kabupaten Pelalawan Syafrudin melalui Kepala Seksi (Kasi) Keselamatan Lalu Lintas Perairan Pelayaran, Pamel Arisman ketika dikomfirmasi terkait peristiwa ini belum mendapatkan laporan.

Namun ia menjelaskan, Speed Boat berlogokan SB Pelalawan Emas 2 adalah kapal yang diperuntukkan untuk desa Serapung kecamatan Kuala Kampar.

Menurut penuturannya, Speed Boat tersebut merupakan bantuan APBN melalui DAK dan sudah diserah terimakan 17 November 2018 silam. Serah terima bantuan DAK ini bersamaan dengan tiga desa lainnya oleh bupati Pelalawan HM Harris.

"Pada tahun anggaran 2018 lalu kita dapat bantuan DAK, total anggaran Rp 3,8 milyar lebih untuk pengadaan sebanyak empat unit Speed boat," tegasnya.

Adapun keempat desa yang memperoleh Speed Boat dengan kapasitas 20 penumpang ini, sambungnya meliputi desa Sei upih, Serapug, Sokoi, Teluk Bakau.***(rtc)