Masa Tenang Aparat Gabungan Akan Tertibkan APK dan Patroli Money Politic

Rabu, 10 April 2019

RADARPEKANBARU.COM.Menjelang beberapa hari lagi memasuki masa tenang atau hari tenang pemungutan suara Pemilu 17 April 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis melakukan Rapat Kerja (Raker) Fasilitasi dan Koordinasi dengan Mitra Kerja di Kantor Bawaslu Jalan Antara, Bengkalis, Selasa (9/4/19) petang.

 

"Raker ini bertujuan untuk menghadapi masa tenang atau hari tenang Pemilu April 2019 mendatang. Karena ini sudah mendekati hari H, dan 14 April sudah memasuki masa tenang dari kampanye atau rapat terbuka baik peserta Pemilu atau Pilpres," ungkap Kordiv.Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman kepada wartawan, Selasa (9/4/19).

 

Menurutnya, Raker ini penting untuk dilaksanakan dengan stakeholder membahas diantaranya kesiapan menghadapi masa tenang diantaranya untuk pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih di pasang. Kemudian juga berkaitan dengan persiapan untuk patroli anti politik uang (money politic), akan melibatkan unsur Gakkumdu ( kepolisian dan kejaksaan).

 

"Juga untuk menyinergikan persiapan penyelenggaraan khususnya bagaimana kesiapan KPU. Dan ini bukan rapat terakhir, nanti akan ada rapat terbatas kembali terkait teknis patroli politik uang, personel harus siap segala sesuatunya atau kesiapsiagaan," katanya lagi. Ditambahkan Usman, APK akan ditertibkan mulai pertama pada saat hari tenang, karena nanti akan melibatkan Satpol PP. Imbauan juga akan disampaikan.

 

"Kami berharap peserta Pemilu dapat menertibkan sendiri sebagai kepatuhan. Patroli politik uang akan kita lakukan pada hari tenang, waktu belum kita sepakati yang jelas akan kita akan libatkan personel gabungan. Yang jelas akan kita laksanakan sesuai dengan instruksi Bawaslu RI," tutupnya.

 

Dalam Raker tersebut tampak hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Mukhlasin serta Kordiv. Bawaslu, Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, S.I.K, Kasi Intelijen Kejari Bengkalis, Lignauli T. Sirait, SH, Sekretaris Kominfotik, Adi Sutrisno, SE, Perwakilan Kesbangpol Bengkalis, Hendrik Dwi Yatmoko, pengurus PWI Bengkalis dan undangan lainnya.***(rtc)