Kegiatan Pramuka Bengkalis

Senin, 25 November 2013


BENGKALIS(radarpekanbaru.com)-Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bengkalis melaksanakan kursus pembina pramuka mahir lanjutan yang berlangsung sejak Jumat (22/11/2013) hingga Kamis (28/11/2013) mendatang. Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari kursus serupa tingkat dasar yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis, H Riza Pahlefi menjelaskan, kursus tersebut diikuti 29 orang peserta, 15 orang peserta putra dan 14 orang peserta putri.

''Selain dari Kwartir Ranting di Bengkalis, kursus lanjutan ini juga diikuti peserta dari Kwarcab Gerakan Pramuka Pelalawan dan Kepulauan Meranti. Kwarcab Pelalawan mengirim 4 orang peserta, sementara Kepulauan Meranti 2 orang. Sedangkan sisanya dari Kwartir Ranting yang ada di daerah ini seperti dari Mandau, Bantan dan Bengkalis,'' papar  Riza, Minggu (24/11/2013).

Dikatakan, selain Pelalawan dan Kepulauan Meranti, Kwarcab Rokan Hilir sebenarnya juga sudah mendaftarkan 6 orang peserta untuk mengikuti kursus yang pelaksanaannya dipusatkan Bumi Perkemahan Pawang Perkasa Bengkalis ini. Namun hingga acara pembukaan peserta dari Kwarcab Rokan Hilir tidak datang.

Terpisah, ketua pelaksana kursus lanjutan ini, HM Sidik mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya Kwarcab Bengkalis mengantisipasi pelaksanaan kurikulum 2013 yang menjadikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Selain itu, tambah Sidik, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjawab kendala kuantitas dan kualitas Pembina, sehingga proses pendidikan kepramukaan di daerah ini, baik di gugus depan maupun satuan dapat berjalan dengan baik dan bermuara pada tercapai tujuan kepramukaan itu sendiri.

''Karena kegiatan kursus seperti ini juga merupakan mata rantai yang tak terpisahkan dalam rangka pengembangan diri pangkalan gugus depan, dan kwartir sebagai implementasi dari Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka dan UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pramuka,'' ujarnya. (hrc/ram)

Editor : Ramli