Hanya 22,72 Kilogram Warga Pekanbaru Konsumsi Ikan

Kamis, 12 Juni 2014

Wakil Walikota Ayat Cahyadi menyalami Ketua TP PKK pekanbaru Asmita Firdaus dan Indiria Ayat yang dikukuhkan menjadi ketua dan wakil Ketua Forikan Pekanbaru, Kamis (12/6) di Pasar Higienis Pekanbaru.

RADARPEKANBARU.COM - Masyarakat Kota Pekanbaru tergolong sangat rendah dalam hal mengkonsumsi ikan sebagai panganan sehari-hari. Ini terbukti dari data yang diperoleh, yakni kurang lebih hanya 22,7 Kilogram perkapita pertahunnya. Hal ini dinyatakan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, kepada wartawan, Kamis (12/6/14).

"Tingkat konsumsi ikan warga Pekanbaru ini hanya 22,72 Kilogram perkapita pertahunnya. Jika dibandingkan dengan Amerika, Jepang, yang tingkat konsumsi ikannya mencapai 140 Kilogram," katanya saat menghadiri pengukuhan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) bertempat di Dinas Pertanian Kota Pekanbaru.

Padahal, tidak sedikit warga Kota Pekanbaru yang menjadi nelayan di Sungai Siak. Bukan hanya itu saja, pasar tradisional yang khusus menyediakan ikan juga banyak dijumpai di Kota ini.

Melihat kondisi ini, Ayat menambahkan, memang jauh diatas rata-rata. Dan tergolong sangat rendah.

"Tentu angka konsumsi ikan di Kota Kita ini sangat rendah," tambahnya.

Maka dari itu, dalam acara pengukuhan Forikan pada hari ini, juga diadakan berbagai lomba untuk anak-anak agar dapat meningkatkan antusiasnya mengkonsumsi ikan, dengan lomba masak serba ikan. (ram)