Ooh, Ternyata Begini Cara Memperbaiki Jika Blackberry tak Bisa Browsing

Kamis, 12 Juni 2014


RADARPEKANBARU.COM - Rusaknya sistem Blackberry Telkomsel khususnya untuk penggunaan browsing selama dua hari terakhir, ternyata disebabkan terjadinya perubahan penyetelan secara mendadak pada perangkat Blackberry yang menggunakan kartu Telkomsel. Perubahan mendadak tersebut sangat berdampak bagi pengguna di wilayah Riau.


Bahkan pihak Telkomsel sendiri tidak mengakui adanya perubahan sistem pada perangkat Blackberry klain mereka meski para pengguna kartu Telkomsel sempat beralih ke operator lainnya.


Namun Rabu (11/6/2014) malam ini, hasil ujicoba yang dilakukan rekan-rekan jurnalis di Pekanbaru yang juga dilakukan oleh wartawan, kegagalan browsing terjadi karena adanya perubahan sistem pada pengaturan perangkat Blackberry khususnya yang menggunakan kartu Telkomsel.


Berikut langkah-langkah memperbaikinya:

1. Pilih pengetelan (setup)
2. Pilih options (opsi)
3. Pilih Device (perangkat)
4. Pilih advanced system Setting (setelan sistem lanjutan)
5. Pilih service book (buku layanan)
6. Perhatikan bacaan: BlackBerry Internet Browsing Service. Jika terdapat dua kalimat ini, hapus kalimat ''BlackBerry Internet Browsing Service'' yang nomor dua. Lalu kembalilah dan lakukan ujicoba browsing seperti biasa. Semoga berhasil.