Heli Kamov Water Boombing Tiba, Karhutla di Pulau Rupat Mulai Padam

Sabtu, 02 Maret 2019

Helikopter Kamov Water Booming milik BNPB Pusat tiba di Pekanbaru.(foto otc)

RADARPEKANBARU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau mulai legah, sebab BNPB pusat tengah mengirimkan bantuan satu unit helikopter Kamov yang dimodifikasi menjadi water boombing berkapasitas empat ribu liter itu, khusus diperuntukan untuk memadamkan kebakaran lahan di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Sudah tiba tadi malam, pagi ini langsung diberangkatkan ke Rupat untuk memadamkan Karlahut di sana," kata Kabid Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gofur pada awak media Jumat (1/3/19).

Selain Kamov, akan datang juga bantuan helikopter dari BNPB, yakni MI-8. Heli sama-sama buatan Rusia ini juga berkapasitas empat ribu liter. Heli ini MI-8 ini sama-sama diperuntukan untuk water boombing, untuk melakukan pemadaman Karhutla di Riau. "Untuk MI-8 mudah-mudahan sudah bisa datang dalam dua hari ini atau lusa," ungkap Gofur.

Dalam satu bulan terakhir, pemadaman Karhutla yang terjadi di beberapa daerah di Riau, pemadaman melalui jalur udara ini menggunakan helikopter bell 214 bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian (LHK).

Namun karena kapasitas heli bell lebih kecil dalam membawa air, water boombing lebih banyak mengandalkan bantuan heli juga dari perusahaan swasta Sinas Mas Forestry, yakni dua unit heli Super Puma.

Heli Super Puma ini menurut Gofur sudah banyak melakukan pemadaman di berbagai titik Karhutla seperti di daerah daratan Bengkalis dan Dumai.

Ada pun untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), menurut Gofur juga sudah mulai dilakukan menggunakan pesawat Cassa sejak Selasa lalu. Melalui TMC diharapkan akan memaksimalkan usaha pemadaman yang terus dilakukan tim Satgas Karhutla.(otc)