Dua Bulan Ratusan Petugas Damkar Bengkalis Berjibaku Padamkan Karlahut

Jumat, 01 Maret 2019

RADARPEKANBARU.COM.Kurun waktu dua bulan, Januari dan Februari 2019, berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkalis, jumlah luas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkalis mencapai sekitar 356 hektar (Ha).

 

Ratusan hektar lahan struktur gambut yang terbakar kurun waktu dua bulan itu, tersebar di 6 kecamatan. Yakni Kecamatan Bantan dilaporkan terjadi kebakaran lahan di 7 wilayah desa dengan luas keseluruhan sekitar 38,5 Ha, kemudian di Kecamatan Bukitbatu, terjadi kebakaran di 3 desa dengan luas lahan terbakar sekitar 20 Ha, selanjutnya lahan terbakar di Kecamatan Siakkecil, 4 desa dengan luas lahan terbakar sekitar 44 Ha.

 

Selanjut di Kecamatan Mandau ada 5 desa/kelurahan yang terjadi kebakaran lahan dengan luas sekitar 24 Ha, Kecamatan Pinggir luas kebakaran sekitar 19,5 Ha terjadi di 3 desa dan di Kecamatan Rupat terjadi kebakaran di 5 kelurahan/desa dengan luas lahan terbakar sekitar 210 Ha.

 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Damkar, Djamaluddin, melalui Kepala Bidang Pengendalian Operasional, Sarana Prasarana dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran, Donni Sartika, S. Psi, M. Si kepada riauterkini.com, Jum'at (1/3/19) pagi. "Data sementara dari Januari hingga Februari kurang lebih lebih 356 Ha," ungkapnya.

 

Dalam upaya pemadaman dan pengendalian kebakaran lahan di enam kecamatan tersebut, dikerahkan 182 personel. Selain dari personel Damkar, pengendalian kebakaran di darat juga dibantu oleh aparat TNI/Polri, serta MPA dan sejumlah petugas dari perusahaan.

 

Disinggung dengan kendala petugas di lapangan dalam upaya pengendalian kebakaran itu, diakui Doni masih kesulitan dalam peralatan dan menggunakan alat seadanya.

 

Selain itu sumber air yang mulai berkurang dan terbatas. "Meskipun dengan peralatan seadanya dan meminjam, Damkar tetap semangat mengendalikan kebakaran lahan.

 

Dan kita salut dengan semangat seluruh anggota dalam melaksanakan pemadaman Karhutla di daerah kita," ucapnya.(rtc)