Riau Butuh Bantuan Swasta Tangani Karhutla

Rabu, 27 Februari 2019

RADARPEKANBARU.COM.Pemprov Riau membutuhkan uluran pihak swasta dalam upaya penanganan Karhutla di awal tahun ini. Belakangan luasan lahan terbakar di Provinsi Riau meningkat signifikan sekitar 1.133 hektare lebih dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan [Januari-Februari].

 

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan bantuan yang diharapkan Pemprov Riau ke pihak swasta yakni berupa transportasi dan alat pemadam kebakaran.

 

"Kami sangat mengharapkan bantuannya. Kami sadar untuk mengatasi masalah ini butuh keterlibatan semua pihak, tidak bisa kalau hanya pemerintah yang turun tangan," katanya, Rabu, 27 Februari 2019 di Pekanbaru.

 

Dia menambahkan kondisi cuaca di Riau yang semakin kering sangat berpotensi mudahnya api meluas membakar lahan, terutama di lahan gambut dalam.

 

Selain meminta bantuan ke swasta, Pemprov Riau juga mengintruksikan bupati/walikota se-Riau untuk mendirikan posko darurat. Langkah ini sebagai bentuk gerak cepat dalam menganangi bencana Karhutla.

 

Selama 2 bulan terakhir, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah dengan jumlah lahan terluas mengalami kasus Karhutla. Per tanggal 25 Februari 2019 lalu, setidaknya ada 817 hektare lahan di daerah itu hangus terbakar. Jumlah lahan terbakar cukup luas juga terdapat di Kabupaten Rohil yakni sekitar 132 hektare. (bpc)