Pertamina RU II Deklarasi Indonesia Bersih Sampah 2020

Senin, 25 Februari 2019

Para pelajar menabung sampah di Bank Sampah Berlian Kelurahan Jaya Mukti Dumai (foto hrc)

RADARPEKANBARU.COM - Untuk mendukung Indonesia bersih sampah pada 2020 PT Pertamina RU II Dumai menggelar acara deklarasi Indonesia Bersih Sampah 2020 melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, ratusan Pelajar dan masyarakat Kota Dumai.
 
"Deklarasi dipusatkan di bank sampah Berlian Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Timur Kamis pekan lalu," kata Pjs. Unit Manager Comm Relations & CSR Pertamina RU II Didi Andrian Indra Kusuma, Senin (25/2/2019)
 
Menurutnya, kegiatan tersebut untuk memperingati hari peduli sampah Nasional 2019 yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 21 Februari.Isi deklarasi "Kami masyarakat Kota Dumai peduli sampah untuk menuju Indonesia bersih Tahun 2020"
 
Naskah deklarasi dibacakan perwakilan Pemerintah Kota Dumai, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II, masyarakat serta lebih dari seratus pelajar SD, SMP dan SMA di Kecamatan Dumai Timur.
 
Pembacaan deklarasi ini juga merupakan bagian dari kegiatan Lomba Peduli Sampah Tingkat Pelajar yang dilaksanakan Pertamina RU II memeriahkan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019. Deklarasi diawali jalan sehat dari Kantor Lurah Jaya Mukti menuju Bank Sampah Berlian.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Satrio Wibowo, Camat Dumai Timur Irawan Sukma dan Pjs. Unit Manager Comm Relations & CSR Pertamina RU II Didi Andrian Indra Kusuma bersama-sama para pelajar melaksanakan pemungutan sampah yang dapat didaur ulang untuk kemudian ditabungkan ke Bank Sampah. 
 
"Kegiatan ini melibatkan 150 pelajar dari 13 sekolah di Kecamatan Dumai Timur, kegiatannya terdiri dari sosialisasi mengenai kepedulian lingkungan, lomba menabung sampah, lomba kreativitas olahan sampah plastik hingga pembacaan deklarasi peduli sampah," terang Didi.
 
Lanjutnya, Hari peduli sampah merupakan momen yang baik  untuk lebih menumbuhkan kesadaran akan bijak mengelola sampah.
 
"Untuk tahun ini kami sengaja menggelar kegiatan yang melibatkan pelajar SD hingga SMA untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan sejak dini. Saya bangga sekali melihat semangat adik-adik semua dalam mengumpulkan sampah,"  sebut Didi.
 
Lebih lanjut Didi menjelaskan pada kegiatan ini pihaknya melibatkan Bank Sampah Berlian yang merupakan mitra binaan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina RU II.
 
Momen ini dirasa baik untuk semakin meningkatkan minat masyarakat khususnya pelajar untuk menjadi nasabah dan mulai menabung sampah. Selain baik untuk pengolahan sampah, program ini juga bisa menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat.
 
Diberitakan sebelumnya, Bank Sampah Berlian diresmikan walikota Dumai H Zulkifli AS 31 Oktober 2018 dan dapat dikatakan sebagai bank sampah pertama yang ada di Kota Dumai. 
 
Bersinergi dengan Program TJSL Pertamina RU II Dumai, kehadiran bank sampah ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat mengenai pengelolaan sampah, serta menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat. Hingga kini, bank sampah yang berlokasi di gang Cemara Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur ini telah memiliki 123 nasabah. 
 
Produk-produk yang dihasilkan diantaranya kerajinan tangan dari sampah plastik, pupuk cair organik dan dapat pula menjadi sentra pembelajaran sampah bagi pelajar maupun masyarakat Kota Dumai. 
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Satrio Wibowo menyatakan permasalahan sampah khususnya sampah plastik memang tidak dapat dipandang sebelah mata. 
 
Untuk itu kami terus mendukung upaya komunitas maupun perusahaan dalam menjalankan inovasi dalam pengelolaan sampah, termasuk melalui Program Bank Sampah.(hrc)