Plt Bupati Kampar Serahkan DPA 2019

Sabtu, 19 Januari 2019

RADARPEKANBARU.COM.Menyusul selesainya proses verifikasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Kampar oleh Pemerintah Provinsi Riau, Plt Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2019 kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kabupaten Kampar, Jum'at (18/1/2019) sekaligus penandatanganan fakta integritas oleh kepala OPD dan camat di rumah dinas Bupati Kampar, Jalan Prof M Yamin,SH, Bangkinang.

 

Besaran anggaran pada APBD Kabupaten Kampar tahun 2019 Rp 2.588.348.982.534.00 untuk 52 SKPD.

 

"Alhamdulillah Seluruh anggaran yang telah kita susun sesuai dengan mandatori pemerintah pusat dan sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Kampar dan RPJMD Kabupaten Kampar," ujar Plt Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya.

 

Ia menambahkan, proses penyusunan APBD Kampar ini telah dilakukan melalui tahapan-tahapan sebagaimana yang telah diatur dan ditetapkan oleh peraturan dan perundang-undangan.

 

Ia menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD selaku pengguna anggaran dapat melaksanakan langkah percepatan administrasi sehingga pencapaian target kegiatan dapat terlaksana sebelum tahun anggaran berakhir.

 

Catur meminta OPD menyusun time schedule, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan kegiatan, kepatuhan terhadap peraturan dan perundangan dan ketentuan hukum yang berlaku, segera mempersiapkan pelaksanaan kegiatan, membuat petunjuk operasional kegiatan pada setiap kegiatan dan menjalankan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan terutama kegiatan fisik.

 

"Setelah diterimanya DPA-OPD ini saya berharap laksanakan program dengan penuh integritas dan tanggung jawab, sesuai dengan fakta integritas yang telah ditandatangani pada hari ini," tegas Catur. Menurutnya, Pemkab Kampar telah dua kali mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

 

Oleh sebab itu ia meminta seluruh jajarannya mempertahankannya. "Sehingga kita memperoleh dana intensif daerah (DID) sebesar Rp 36.8 miliar," ulas Catur Sugeng Susanto.

 

Kegiatan penyerahan DPA OPD diawali dengan penyerahan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri dan dilanjutkan kepada kepala OPD, camat se- Kabupaten Kampar yang dilanjutkan dengan pembacaan fakta tegritas oleh kepala Inspektorat Muhammad diikuti oleh seluruh kepala OPD dan camat se-Kabupaten Kampar.*(rtc)