Kanal

Arus Mudik Pelabuhan Pekanbaru Dipredikasi Meningkat 100 Persen

RADARPEKANBARU.COM - Puncak arus mudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru, Riau diperkirakan mulai terjadi pada H-3 Lebaran atau Kamis (22/6), dengan lonjakan penumpang mencapai 100 persen.

"Saat ini, baru meningkat 40 persen. Kami perkirakan dua hari lagi hingga H-1, terjadi lonjakan lebih besar lagi," ucap Kepala UPTD Pelabuhan Sungai Duku Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Joniansyah di Pekanbaru, Selasa.

Joniansyah membenarkan tidak jarang lonjakan penumpang kapal atau feri bisa mencapai 100 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan oleh angkutan sungai tersebut.

Aparat terkait telah mendirikan posko Lebaran sejak Ahad (18/6), dalam menyambut dan memberikan pelayanan terpadu kepada para pemudik melalui jalur sungai di Riau.

Seperti Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kepolisian, TNI, dan Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru. Pada H-7, dan H-6 atau Senin, terjadi lonjakan penumpang dari pelabuhan setempat sekitar 40 persen atau 400 orang dari biasanya cuma 240 orang.

"Sejak Ahad kemarin, kita telah siap menyambut pemudik, terutama bagi mereka yang butuh informasi, dan pelayanan kesehatan," kata Joni. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Arlizman Agus mengatakan, pemudik yang menggunakan transportasi jalur sungai tahun ini diperkirakan menurun.

"Bahkan penurunan yang sama juga diprediksi terjadi pada arus mudik menggunakan jalur laut 8,49 persen, atau hanya mencapai 140.098 penumpang," katanya.

Akan tetapi untuk jenis angkutan penumpang di jalur sungai diperkirakan mencapai 39.930 orang, atau mengalami kenaikan sebesar 13,03 persen dibanding tahun 2016, ucap dia.(antr)  

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER