Kanal

Awas Modus Penipuan Catut Nama ULP Rohul

RADARPEKANBARU.COM - Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengimbau dan ingatkan seluruh peserta lelang yang sudah mendaftar di website lpse.rokanhulukab.go.id agar mencermati alamat Kelompok Kerja (Pokja) lelang yang diikutinya.

Imbauan disampaikan Kepala Bagian ULP Rohul Samsul Kamar, Selasa (23/5/17), menyusul adanya oknum tidak bertanggungjawab menyebarkan undangan pembuktian klarifikasi via email ke peserta lelang, dan ujung-ujungnya, oknum tersebut meminta sejumlah uang ke pihak rekanan.

"Alamat Pokja berkaitan dengan alamat sah Pokja yang biasanya terdapat di Lembar Data Pemilihan (LDP)," jelas Samsul, Selasa malam.

Diakuinya, beberapa hari terakhir, banyak peserta lelang datang ke Bagian ULP Rohul dan membawa undangan pembuktian klarifikasi. Padahal, setelah dikonfirmasi Pokja ULP yang melelang paket kegiatan, mereka belum ada mengundang peserta lelang untuk dilakukan klarifikasi.

Sesuai tertulis di undangan yang diterima pihak rekanan, oknum tersebut mengaku bernama Fahri Setiawan S.Kom, Pokja Jasa Kontruksi ULP Kabupaten Rohul. "Tidak tahu itu nama palsu atau bukan, yang jelas nama tersebut (Fahri Setiawan) tidak ada di Pokja ULP (Rohul)," tegas Samsul.

Modus pelaku, ungkap Samsul, yang bersangkutan mengirim undangan via email, atau melalui aplikasi SULAP, yakni Sistem Informasi Pengadaan Barang Jasa yang dikembangkan oleh LPSE Provinsi Riau.

Bagi rekanan yang percaya, oknum ini meminta sejumlah uang. Namun, kata Samsul, sampai saat ini belum ada laporan ada rekanan yang sudah membayar sejumlah uang ke oknum tidak dikenal ini.

Samsul mengakui pihaknya belum melaporkan modus penipuan baru ini ke Kepolisian dan belum ada rekanan yang menyetorkan uang ke oknum tersebut.

"Kerugian yang ditimbulkan ada rekanan dari jauh (Pekanbaru) yang sudah datang membawa berkas untuk klarifikasi. Tentunya hal ini telah merugikan rekanan dari biaya transportasi dan waktu," ungkapnya.

Untuk mengatasi modus penipuan tersebut, kata Samsul, ULP dan LPSE Rohul sudah mengumumkan email resmi yang dipakai oleh Pokja ULP untuk mengundang peserta lelang, yakni ulppemdarohul@gmail.com atau ulp@rokanhulukab.go.id .

"Kedua email ini email resmi yang digunakan oleh Pokja untuk mengundang peserta lelang untuk klarifikasi. Kalau email selain itu perlu dicurigai bahwa itu bisa jadi undangan palsu," tegas Samsul.(rtc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER