Kanal

Bupati HM Harris Tandatangani MoU dengan ITI

RADARPEKANBARU.COM - Bupati Pelalawan H.M.Harris tandatangani nota kesepahaman Pemerintah Daerah  bersama Institut Teknologi Indonesia (ITI) tentang pendidikan, pelatihan, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru, Jumat (19/05/2017).
 
MoU langsung ditandatangani oleh Bupati Pelalawan H.M.Harris dengan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Indonesia (ITI) Dr. Abu Amar disaksikan oleh Tokoh Masyarakat Pelalawan Prof Tengku Dahril,M.Si, Kepala Deputi BPPT Dr.Tatang A Taufik, Kepala Bappeda Pelalawan Ir.M.Syahrul Syarif, Tim dari Lund University Swedia  yakni Dr. Sven Thore Holm, Dr. Marien Loweegreens, Dr. Maria Flores serta perwakilan dari ST2P Pelalawan.
 
Dalam sambutannya Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Indonesia (ITI) Dr. Abu Amar mengatakan Pemberdayaan Masyarakat telah berkiprah dalam wilayah atau daerah saling membantu untuk bersinergi dalam pemberdayaan masyarakat sehingga menghasilkan masyarakat yang berkualitas," ungkap Dr.Abu Amar
 
Sementara itu Bupati Pelalawan H.M.Harris mengatakan Kabupaten Pelalawan memiliki banyak potensi sehingga perlu adanya beberapa hal yang perlu digali, dimana harapan pemerintah daerah kerjasama dan MoU ini kedepannya adalah kesiapan kita menghadapi persaingan globalisasi target menuju Indonesia emas 2045," ungkap Bupati Pelalawan H.M.Harris.
 
Sedangkan saat diminta masukkan dari Tim dari Lund University Swedia setelah berkunjung di lokasi teknopart Langgam dengan mengunjungi kampus ST2P  yakni Dr. Sven Thore Holm mengatakan Kedepan Mahasiswa ST2P perlu adanya pemimpin yang mengatur operasional dikampus. Dalam kelas perlu pendidikan enterpreuner,adakan seminar yang bermanfaat untuk kampus terutama hilir kelapa sawit.
 
Perlu adanya tim yang terdiri dari perusahaan, mahasiswa, pemerintah, serta peneliti. Untuk menjalankan industri kelapa sawit melakukan konsep marketing inovation dimana tidak hanya menjual kelapa sawit mentah tapi diharap adanya ide yang cocok untuk industri sawit dipelalawan.
 
Lund University bersedia bekerjasama untuk mengundang para pakar yang bisa melihat potensi apa yang ada dipelalawan selain hilir kelapa sawit," Kata Dr. Sven Thore Holm.
 
Menanggapi masukan dari Lund University. Bupati Pelalawan H.M.Harris meminta proposal jangka pendek tentang industri hilir kelapa sawit seperti apa pengelolaan riset yang dilakukan, disamping itu juga Bupati H.M.Harris setuju dilaksanakannya seminar untuk menarik para investor yang ada diriau berinvestasi di Pelalawan, dalam waktu tidak lama menjelang akhir tahun Mantan Ketua DPRD Pelalawan ini berharap kajian industri hilir yang dilakukan oleh lund universtity sudah selesai.
 
Bupati menginginkan kajian dari Lund University tidak hanya kita dari Pemda Pelalawan berdiam diri tapi bagaimana nantinya para investor menarik dengan  konsersium dan seminar dengan potensi yang ada di Kabupaten Pelalawan dan juga Propinsi Riau," tutup Bupati H.M.Harris.(rsk)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER