Kanal

BPJS Kesehatan Dumai Permudah Calon Peserta JKN-KIS Melalui Care Center

RADARPEKANBARU.COM- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Dumai memberikan kemudahan kepada calon peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) cukup menghubungai Care Center.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Adi Siswandi mengatakan, program ini dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat yang kondisinya super sibuk sehingga tidak sempat datang mengurus kartunya.

"Setelah menghubungi Care Center kami, peserta yang sudah terimput datanya akan mendapat kartunya. Kartu akan kita antar ke rumah peserta," kata Adi Siswandi, kepada sejumlah awak media di Kota Dumai, Senin (15/5/17).

Dijelaskannya, dengan program ini masyarakat juga tidak perlu meninggalkan kegiatannya untuk mengantri di kantor BPJS Kesehatan, cukup menelpon Care Center di nomor 1500400 warga sudah bisa menjadi peserta JKN-KIS.

"Tidak perlu datang dan mengantri ke kantor BPJS Kesehatan, dengan menghubungi Care Center dimana saja sudah bisa mendaftar menjadi peserta dan kartunya kita antar," katanya mengulang.

Menurutnya, sebelum menghubungi care center, disarankan kepada masyarakat untuk menyiapkan beberapa data yang nantinya diperlukan dalam proses registrasi.

"Siapkan nomor kartu keluarga, nomor KTP Elektronik masing masing peserta, nomor rekening bank, nomor telpon dan email serta tentukan mau daftar di kelas apa dan fasilitas kesehatan tingkat pertama dimana," jelasnya.

Setelah melakukan registrasi melalui telpon, nomor virtual account akan dikirimkan kepada peserta melalui nomor telpon yang telah terdaftar. "Untuk tarif telepon PSTN (red, telepon rumah, kantor) disesuaikan dengan tarif lokal, sedangkan untuk telepon seluler akan disesuaikan dengan tarif operator," katanya menjelaskan.

Setelah mendapat nomor virtual account, peserta wajib melakukan pembayaran 14 hari kemudian yang dapat dilakukan di Bank yang telah bekerja sama, seperti BRI, Mandiri dan juga BNI serta BPN.

"Kalau sudah membayar, maka kartu akan dikirimkan ke alamat peserta, jadi peserta hanya duduk manis saja di rumah, pengiriman kartu itu pun ditanggung oleh BPJS Kesehatan," kata kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai.

Disebutkannya kembali, pendaftaran secara virtual tersebut merupakan bentuk kemudahan layanan yang diberikan kepada masyarakat yang ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Pendaftaran Care Center ini untuk calon peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Bukan Pekerja (BP), untuk segmen lainnya tetap harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan," pungkasnya.(rtc)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER