Kanal

Ada Dugaan Pungli Tahanan, Kapolda Riau Minta Rutan Berbenah

RADARPEKANBARU.COM - Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain meminta pihak Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru memperbaiki kondisi internal rutan. Hal ini terkait dengan dugaan adanya pungli oknum petugas yang diduga memicu kemarahan tahanan/napi.

"Tadi saya juga bertemu dengan petugas di rutan, kita harapkan adanya perbaikan di dalam. Kita masih menghormati adanya bentuk disiplin internal di Rutan," kata Zulkarnain kepada wartawan di Rutan Pekanbaru, Jumat (5/5/2017).

Zulkarnain menyebut pihaknya sudah menerima laporan dugaan pungli terhadap napi dan tahanan Rutan Pekanbaru. Pungli diduga terjadi dengan memungut kutipan dari keluarga tahanan saat jam besuk.

"Bisa saja kami ikut campur di dalamnya soal dugaan pungli tersebut. Tapi kan dari organisasi ini ada inspektoratnya, ada penegakan disiplin dan saya masih menghargai itu," sambungnya. Ada juga aduan yang diterima Polda Riau mengenai cuti bersyarat (CB). Diduga terjadi pungli untuk mendapatkan cuti bersyarat.

"Tahanan minta agar mereka jangan dipersulit kalau mengurus CB itu. Dari organisasi (pihak Rutan-red) mengatakan mereka tidak dipersulit. Tapi sampai di tahanan tetap dipersulit," imbuhnya.

"Tapi apa bila dalam perkembangan nanti ada bukti-bukti, bisa jadi pihak kepolisian akan menindak lanjuti. Kan walau punglinya kecil, itu tetap korupsi juga. Itu kan juga gratisifikasi walau nilainya kecil," tegas Zulkarnain.

Ada sekitar 200 orang tahanan/napi yang kabur dari rutan sebelum salat Jumat. Tim gabungan berhasil menangkap 161 orang yang melarikan diri. Penjagaan di Rutan Pekanbaru pun diperketat dengan pengerahan 500 personel polisi.(dtk)


 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER