Kanal

Sugiantoro Temukan Sumur Peninggalan Majapahit Lewat Mimpi

RADARPEKANBARU.COM – Penemuan bangunan purbakala yang diduga peninggalan zaman majapahit menggegerkan warga Desa Urang Agung, Kecamatan Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur. Bangunan itu berupa sumur tua yang terletak sekira 15 meter dari situs purbakala Urang Agung.

Sumur yang ditemukan warga tersebut ditemukan melalui mimpi oleh Sugiantono, warga setempat. Ia mengatakan, dirinya langsung menggali tanah yang berada di sekitar situs batu bata purbakala, begitu mendapat mimpi.

Lalu ia menemukan sumur yang berdinding batu bata besar, mirip yang digunakan pada bangunan situs purbakala Urang Agung.

Belum diketahui berapa dalam sumur tersebut. Namun saat sampai pada kedalaman 5 meter, Sugiantono dan warga menghentikan penggalian karena banyak endapan lumpur.

Sugiantono menduga sumur itu berhubungan erat dengan situs Urang Agung. Namun usianya diperkirakan berbeda, sumur ini lebih muda.

Penemuan situs sumur itu sendiri menarik perhatian warga sekitar. Sejumlah warga mendatangi temuan sumur itu. “Saya kira temuan candi, tapi ternyata sumur tua,” ujar salah satu warga, Yono.

Temuan ini sudah dilaporkan ke pihak dinas terkait. Akan tetapi belum ada upaya untuk mengeksplorasi sumur itu.
(*)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER