Kanal

Malam Takbiran dan Idulfitri di Pekanbaru dan Wilayah Riau Berpotensi Hujan

RADARPEKANBARU.COM - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Pekanbaru memprediksi Riau akan diguyur hujan dengan intensitas yang beragam.

Senin (8/4/2024), Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pekanbaru Irwansyah Nasution kepada Riaupos.co mengatakan, beberapa hari terakhir ini cuaca di wilayah Provinsi Riau terasa lebih panas, meski di sebagian besar wilayah Riau masih terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang .

Hal ini dikarenakan posisi letak pergerakan Matahari berada di ekuator dan adanya konvergensi atau pertemuan angin serta belokan angin atau sirland yang mendukung adanya pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Riau.

Sementara itu, untuk informasi cuaca seminggu ke depan diperkirakan masih terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau, namun diperkirakan terkonsentrasi di wilayah Riau bagian barat, tengah, timur dan selatan seperti Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, Bengkalis, Siak, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, dan Kota Pekanbaru.

Adanya anomali suhu muka laut di wilayah perairan Selat Malaka serta pergerakan angin secara umum yang bertiup dari arah barat laut hingga timur laut menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan masa uap air ke wilayah Provinsi Riau yang mendukung adanya pertumbuhan awan hujan di wilayah Riau.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau mulai sore hingga malam hari saat malam takbiran. Sedangkan pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah pada tanggal 10 April 2024 hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Riau pada siang hingga malam hari.

"Untuk Riau masih ada peluang hujan sebagian dengan intensitas ringan hingga sedang. Terutama hujan pada sore dan malam hari. Untuk besok Selasa 9 April 2024 Kota Pekanbaru siang hingga sore akan berpeluang hujan dan malam takbiran berawan. Untuk Hari Raya Idulfitri, Rabu 10 April 2024 hujan berpeluang pada pagi hari di atas jam 10 pagi," tegasnya.(rpc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER