Kanal

Tidak Miliki Asuransi, Disnaker Akan Tindak Tegas PT ABKS

RADARPEKANBARU.COM - Terkait permasalahan karyawan di PT Abdi Bina Karya Sembada (ABKS) yang tidak memiliki asuransi kesehatan dan kejiwaan dari perusahaan tempatnya mengabdi ditanggapi serius oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru.

Menanggapi hal ini, Kepala Disnaker, Jhonie Sarikun, mengatakan jika pihaknya akan turun ke lapangan guna mengecek kebenaran berita itu.

"Saya baru tau kalau mereka tidak memiliki asuransi, tentu ini akan kita tindak lanjuti. Kita akan turun dan mengecek langsung," ujar Jhonie Sarikoen pada wartawan, Selasa (9/9/2014).

Jhonie Sarikoen mengatakan lagi jika nantinya terbukti perusahaan ini memang tidak memberikan asuransi pada seluruh karyawan nya, pihaknya akan menindak tegas. "Kan sudah ada aturan undang-undang nya, kita lihat dimana lalainya, pekerjanya atau perusahaaan nya. Kita akan koordinasi dengan BPJS juga, apakah memang pra pekerja ini sudah didaftarkan atau bagaimana, kita akan cek. Karena memang itu adalah hak pekerja untuk mendapatkan asuransi kesehatan, apalagi ini kan pekerjaannya memang sangat membutuhkan perlindungan keselamatan kerja," ujar Jhoni Sarikoen.

Selain akan melakukan pengecekan asuransi, lanjutnya, pihaknya juga akan melakukan pengecekan jumlah tenaga kerja disana. "Apakah memang mereka melaporkan pekerjanya ke kita atau tidak, kita akan mengecek itu juga," tegasnya.

Ketika disinggung tentang pekerja yang telah melaporkan permasalahan ini ke Disnaker namun tidak ditanggapi, Jhonie Sarikoen tegas mengatakan tidak pernah itu terjadi.

"Kalau memang sudah ada pengaduan itu, beri nama dan tanggal pengaduan nya,kita akan cek. Karena memang selama ini saya tak pernah menerima pengaduan dari karyawan PT ABKS itu, tidak mungkin lah kita acuhkan kalau memang mereka telah buat pengaduan," pungkasnya.(ram)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER