1.500 Personel TNI/Polri Apel Siaga Karhutla Riau

Dibaca: 2739 kali  Rabu,10 Juli 2019
1.500 Personel TNI/Polri Apel Siaga Karhutla Riau
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Munardo dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara pada apel siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau tahun 2019.

Apel yang akan diikuti 1.500 personel TNI dan Polri, Manggala Agni, BPBD dan Masyarakat Peduli Api digelar di halaman kantor Gubernur Riau, Rabu (9/7/2019).

Selain itu, apel siaga ini juga diikuti oleh seluruh bupati dan wakikota se-Provinsi Riau, serta seluruh unsur Muspida, Dandim, Kapolresta, Kepala BPBD Kabupaten/Kota, pejabat Utama Polda, Korem dan instansi terkait, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Insya Allah besok kepala BNPB akan menjadi inspektur upacara pada Apel Siaga Karhutla di halaman kantor Gubernur Riau. Malam ini beliau tiba di Pekanbaru," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, H Edwar Sanger , Selasa (9/7/2019).

Mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini mengatakan, apel siaga ini dilaksanakan dalam rangka siaga untuk pencegahan Karhutla di Riau. "Untuk sekarang kan masih terkendali Karhutla. Jadi itu yang harus kita optimalkan untuk mencegah Karhutla di Riau," ujarnya.

Edwar Sanger menerangkan, 1.500 personel gabungan ini nantinya setelah mengikuti Apel Siaga langsung disebar ke seluruh kabupaten/kota untuk ditugaskan melakukan pencegahan dan pemadaman api jika ada lahan yang terbakar.

"Para personel ini juga nanti akan membantu kita dalam mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat agar tidak membakar saat mengelola lahan untuk kebun," paparnya.

Karena itu, Edwar optimis dengan bantuan 1.500 personel gabungan TNI, Polri dan Manggala Agni ini bisa mengatasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan di Riau.

"Kita optimis tahun ini Riau tetap bebas asap. Kita sangat berterima kasih karena ada perhatian dari pemerintah pusat melalui BNPB," tukasnya.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »