• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer
  • Kontak Kami
  • Home
  • Politik
    • Kabupaten Kuansing
    • Kabupaten Rokan Hilir
    • Kabupaten Rokan Hulu
    • Kota Pekanbaru
    • Kota Dumai
    • Kabupaten Siak
    • Kabupaten Pelalawan
    • Kabupaten Kampar
    • Kabupaten Indragiri Hulu
    • Kabupaten Indragiri Hilir
    • Kabupaten Bengkalis
    • Kabupaten Kepulauan Meranti
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Parlemen
  • Olahraga
  • Nasional
  • Riau
    • fokus riau
  • More
    • Hukrim
    • Life Style
    • Dakwatuna
    • Opini
    • Video
    • Pilihan Editor
    • Terpopuler
    • Galeri
    • Indeks
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer
  • Kontak Kami
  • Politik
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Parlemen
  • Olahraga
  • Nasional
  • Riau
  • Hukrim
  • Life Style
  • Dakwatuna
  • Opini
  • Video
  • Kabupaten Kepulauan Meranti
  • Kabupaten Bengkalis
  • Kabupaten Indragiri Hilir
  • Kabupaten Indragiri Hulu
  • Kabupaten Kampar
  • Kabupaten Pelalawan
  • Kabupaten Siak
  • Kota Dumai
  • Kota Pekanbaru
  • Kabupaten Rokan Hulu
  • Kabupaten Rokan Hilir
  • Kabupaten Kuansing
  • fokus riau
  • Pilihan Editor
  • Terpopuler
  • Indeks
Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar
PILIHAN +INDEKS
Tirta Meyrizka Lubis Bikin Bangga Riau, Bersinar di Ajang Duta Muslimah Preneur Indonesia 2026
Dibaca : 3495 Kali
Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMKN 1 Tapung Hulu Siapkan Lulusan Siap Kerja dan Siap Membuka Lapangan Pekerjaan
Dibaca : 3477 Kali
SMAS Adven Pasir Putih Mulai Buka PPDB 2026/2027, Perkuat Pendidikan Karakter dan Akademik
Dibaca : 3448 Kali
PPDB 2026/2027 Dibuka, SMAN 6 Tapung Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Prestasi Siswa
Dibaca : 3508 Kali
SMAN 2 Kampar Kiri Buka PPDB 2026/2027, Dorong Lahirnya Pelajar Disiplin dan Berdaya Saing
Dibaca : 3464 Kali

  • Home
  • Life Style

Menurut Penelitian, Sebaiknya Tidak Minum Kopi Setelah Jam 5 Sore

Redaksi Radarpku

Selasa, 22 September 2015 16:48:32 WIB
Cetak
Menurut Penelitian, Sebaiknya Tidak Minum Kopi Setelah Jam 5 Sore
Secangkir Kopi

RADARPEKANBARU.COM – Bagi para penggemar kopi, biasanya waktu paling pas untuk menikmati secangkir kopi adalah pagi dan sore hari. Namun penelitian terbaru ini dilakukan di Inggris membuktikan bahwa minum secangkir double espresso di malam hari ternyata dapat membuat orang susah tidur.

Rupanya kopi memiliki rahasia sehingga dapat membuat seseorang tetap terjaga dari tidur sepanjang malam.

Seperti dilansir detikcom, Selasa (22/9/15), seorang peneliti dari Medical Research Council Loboratory of Molecular Biology di Cambridge mengungkapkan bahwa minum kopi di malam hari dapat memperlambat keinginan seseorang untuk tidur sekitar 40 menit.

Kandungan kafein dalam kopi mencegah dan memperlambat fungsi kerja hormon melatonin yang membuat mata mengantuk.

Lima orang peneliti di University of Colorado Boulder di Amerika melakukan percobaan untuk tidak tidur selama 50 hari, dengan kondisi lampu ruangan tetap menyala.

Dalam setengah bulan masa percobaan, para peneliti sudah dapat menunjukkan bahwa paparan sinar lampu yang menyala terang sama efeknya dengan dosis kafein dalam kopi.

Dr. OíNeill menambahkan, agar tidak mengonsumsi kafein setelah jam 5 sore karena kafein akan mengganggu jam tidur. Juga dapat mengganggu seseorang untuk melakukan aktifitas di pagi hari.

Professor Derk-Jan Dijk dari University of Surrey mengatakan bahwa efek dari kafein berbeda-beda. Tergantung tingkat sensitifitas seseorang terhadap kafein itu sendiri. Jika kafein dikaitkan dengan aktivitas tidur seseorang sebaiknya tidak mengonsumsi kopi pada sore hari dan malam hari.

Jika memang masih akan melakukan aktivitas pada pagi hari sebaiknya tidak minum kopi pada malam harinya. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lemas karena memaksa tubuh untuk bergerak aktif sementara di malam harinya tidur kurang berkualitas.

Namun demikian, tidak sedikit penelitian yang telah mengungkapkan bahwa minum kopi, bahkan 3 gelas atau lebih dalam sehari memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari webkesehatan.com, sebuah penelitian sepanjang 13 tahun dan melibatkan lebih dari 400 ribu orang yang dilakukan oleh National Cancer Institute dan diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’, menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil.

Minum kopi memang dapat meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh dan memicu efek ketergantungan pada kafein. Akan tetapi berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan, dengan catatan anda membatasi penggunaan kream dan gula.

    Kopi mencegah penyakit batu empedu
    Kopi dapat mencegah depresi
    Kopi dapat meningkatan memori
    Kopi mengurangi resiko diabetes
    Kopi menurunkan resiko kanker
    Kopi meningkatkan metabolisme tubuh
    Kopi menurunkan resiko penyakit Parkinson
    Kopi mengandung antioksidan tinggi
    Kopi meningkatkan kinerja dan performa
    Kopi dapat mencegah encok

(radarpku)

 


BERITA LAINNYA +INDEKS
Life Style

Ngopi di Paduko Caffe, Ada Live Musik Menunya Lengkap Dijamin Gak Bosan

Sabtu, 04 Januari 2025 - 22:16:00 WIB

KAMPAR - Bagi para penyuka suasana alam terbuka sambil ngopi dan makan-makan ber.

Life Style

Tingkatkan Komitmen, PHR Selenggarakan Hari Keselamatan untuk Operasi yang Andal

Senin, 11 Desember 2023 - 16:44:00 WIB

DURI, 11 Desember 2023 — PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menerapkan Stop Work Authority (SWA) seb.

Life Style

Realme C31 Desain Keren Seru Seharian

Jumat, 01 September 2023 - 19:20:24 WIB

Realme C31 merupakan salah satu perwujudan o.

Life Style

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Online

Senin, 28 Agustus 2023 - 13:37:18 WIB

Berkembangnya teknologi di masa sekarang ini menuntut perubahan layanan perbanka.

Life Style

7 Sepatu Pria Terbaik

Senin, 28 Agustus 2023 - 13:32:38 WIB

Nike menjadi sebuah merek yang dikenal dengan rep.

Life Style

HUT RI Ke 78 Tahun 2023

Kamis, 17 Agustus 2023 - 12:38:21 WIB

.

TULIS KOMENTAR +INDEKS


Terkini +INDEKS
Peringatan HUT Koppsa-M ke-25 Tahun Dihadiri Wakil Bupati Kampar
16 Agustus 2026
Misteri Belasan Jeriken Di Minibus Yang Picu Kebakaran SPBU Pelalawan
15 Agustus 2026
Bapenda Pekanbaru Minta Warga Segera Bayar PBB, Paling Lambat Akhir Agustus
15 Agustus 2026
Wako Pastikan Kebijakan HGB STC Berjalan Sesuai Aturan
15 Agustus 2026
Awalnya Hanya Segelas Miras, Berujung Zina dan Pembunuhan
15 Agustus 2026
Gempa M 7,7 di NTT Picu Kerusakan Bangunan
15 Agustus 2026
Trump Ingin Selat Hormuz jadi Wilayah AS
15 Agustus 2026
DPRD Riau Umumkan Anggota KI dan KPID Terpilih, Ini Daftarnya
14 Agustus 2026
CPNS Khusus Guru Bakal Dibuka Tahun Ini
14 Agustus 2026
Ekonomi Riau Tumbuh 4,75 Persen, DPRD Tegaskan Pemprov Tak Punya Andil Apa-apa
14 Agustus 2026
TERPOPULER +INDEKS
  • 1 Peringatan HUT Koppsa-M ke-25 Tahun Dihadiri Wakil Bupati Kampar
  • 2 Misteri Belasan Jeriken Di Minibus Yang Picu Kebakaran SPBU Pelalawan
  • 3 Bapenda Pekanbaru Minta Warga Segera Bayar PBB, Paling Lambat Akhir Agustus
  • 4 Wako Pastikan Kebijakan HGB STC Berjalan Sesuai Aturan
  • 5 Awalnya Hanya Segelas Miras, Berujung Zina dan Pembunuhan
  • 6 Gempa M 7,7 di NTT Picu Kerusakan Bangunan
  • 7 Trump Ingin Selat Hormuz jadi Wilayah AS

PT. Radar Indomedia Pers
JL. Arifin Ahmad Blok B Nomor 08 ( Belakang Green Hotel ), Pekanbaru - Riau
Email: [email protected]

Tentang Kami
Redaksi
Pedoman Pemberitaan
Info Iklan
Kontak
Disclaimer

©2021 Radarpekanbaru.com