Kanal

Wakil Menteri ESDM: Cadangan Minyak Blok Rokan 1,5 Miliar Barrel

RADARPEKANBARU.COM.Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan bahwa cadangan minyak di Blok Rokan adalah berkisar antara 500 juta hingga 1,5 miliar barrel setara minyak (BOE).

Dengan perhitungan tersebut, kata Arcandra, Pertamina kemudian menawarkan potensi pendapatan negara sebesar Rp825 triliun dalam 20 tahun.

Dia tidak merinci tawaran Chevron, namun dia mengatakan penawaran Chevron di bawah penawaran Pertamina. "Karena itu, Pertamina dipilih untuk mengelola Blok Rokan," kata Arcandra, sebagaimana dikutip dari katadata.com, Rabu 1 Agustus 2018.

Pertamina, lanjut Arcandra, juga telah berkomitmen untuk menerapkan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR) dalam pengelolaan Blok Rokan.

Sebelumnya, teknologi EOR telah digunakan oleh Chevron. "Nanti pengalihan dari Chevron ke Pertamina akan dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2021," tambah Arcandra.

"Sekarang fokus kita adalah menjaga produksi Blok Rokan tidak menurun selama masa transisi, yang akan dimulai dalam waktu dekat hingga tahun 2021 mendatang," tutupnya.

Sebagaimana diberitakan bertuahpos.com sebelumnya, pemerintah akhirnya memutuskan Pertamina sebagai pengelola Blok Rokan 2021-2041. Keputusan ini diumumkan kemarin, Selasa 31 Agustus 2018. (bpc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER