Kanal

Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru Luncurkan Aplikasi Waspada Pangan

RADARPEKANBARU.COM-Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru mulai memperkenalkan layanan aplikasi Sistim Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) berbasis dalam jaringan untuk menginformasikan data pangan di wilayah setempat.

"Kita sudah siapkan layanan aplikasi melalui daring dan programnya terkoneksi dengan pusat," kata Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Bestina di Pekanbaru, Sabtu (3/6).

Layanan SKPG ini akan menampilkan aneka jenis pangan dan ketersediaannya di wilayah tersebut termasuk sumber produksinya, ujarnya.

"Dalam aplikasi ini akan tampil beberapa item pangan di Riau, ketersediaan stok, termasuk akses serta pemanfaatannya di Kota Pekanbaru," jelas dia.

Jadi, katanya, siapa saja dapat membuka laman ini dengan klik SKPG.BPK.pertanian.go.id sehingga bisa bermanfaat bagi kepentingan masing-masing, termasuk analisa dan kajian bagi yang membutuhkan.

 

Foto Viendo Boegiss.

Foto : Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Drs. H. Mohd. Noer MBS, SH, M.Si, MH bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kabag Ekonomi, Lurah Agro Wisata, Upt Pertanian dan Perikanan Rumbai meninjau kawasan Rumah Pangan Lestari di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai (19/06)

"Semua bisa bebas melihat data dari item tersebut," imbuhnya.

Bestina mengatakan di dalam program aplikasi itu perkembangan pangan yang terjadi dari bulan ke bulan bisa diketahui dengan cepat dan akurat.

"Data yang sudah berlalu bisa kita lihat melalui SKPG yang terkoneksi langsung dari pusat. Jadi tidak sulit lagi melihat ketersediaan pangan, tata aset dan pemanfaatan, " ujar Bestina.

Pembuatan aplikasi ini juga sebagai upaya inovasi untuk mendukung percepatan Kota Pekanbaru menjadi kota pintar (smart city). (adv/kominfo/Pekanbaru)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER