Kanal

Banjir Bandang Terjang Ciwidey, 27 Rumah Rusak

RADARPEKANBARU.COM - Banjir bandang menerjang kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu sore, 3 Mei 2017. Banjir yang menerjang dua kecamatan tersebut mengakibatkan sedikitnya 27 rumah rusak dihantam luapan air.

Kepala Seksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Ecep Kusnandi mengatakan Kecamatan Ciwidey dan Kecamatan Pasir Jambu merupakan daerah yang mengalami dampak cukup parah akibat luapan Sungai Ciwidey.

Di Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, ada 18 rumah yang terdampak. "Di Kecamatan Ciwidey 18 rumah rusak, empat di antaranya rusak berat dan 14 rusak sedang. Satu masjid rusak berat," ujar Ecep saat dihubungi Tempo, Kamis, 4 Mei 2017.

Sementara itu, di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasir Jambu, sedikitnya 9 rumah mengalami rusak sedang. "Sebanyak 36 jiwa terdampak dan tidak ada korban jiwa," kata Ecep.

Ecep mengatakan, BPBD Kabupaten Bandung telah memberi peringatan kepada seluruh warga yang berada di daerah terdampak banjir agar mengosongkan tempat tinggal mereka. Pihaknya mengkhawatirkan adanya gerusan tanah di lokasi banjir.

"Kami mengkoordinasikan kepada masyarakat sekitar untuk mengosongkan rumah dan mengungsi ke tempat yang lebih aman karena dikhawatirkan ada gerusan tanah," katanya.

Kepala BPBD Kabupaten Bandung Tata Irawan mengatakan, banjir tersebut disebabkan luapan air sungai Ciwidey akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut.

"Akibat hujan deras di wilayah Kecamatan Ciwidey dan sekitarnya, mengakibatkan debit air sungai Ciwidey meningkat sehingga terjadi luapan air sungai ke pemukiman dan ke jalan Cihanjawar," ujar Tata, Rabu, 3 Mei 2017. (tmpo)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER