Kanal

Fahri Harapkan Sinergi KPU dan DPR

RADARPEKANBARU.COM- Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fahri Hamzah, mengharapkan, ada koordinasi serta sinergi yang lebih baik antara Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang baru terpilih dengan DPR, sebagai penyelenggara dan stakeholder pemilihan umum (pemilu) di Tanah Air.

"KPU dengan DPR itu harus agak terintegrasi sebagai penyelenggara karena stakeholder-nya itu kan partai-partai. Partai itu terutama ada di DPR ya kan. Jadi harus tidak boleh ada konflik dengan DPR, menyatu," kata Fahri yang ditemui di sela-sela acara Seminar Nasional Nahdlatul Wahtan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (5/4).

Kemudian, kata Fahri, pihaknya berharap Komisioner KPU periode 2017-2022 mampu bekerja secara profesional dalam menyiapkan pemilihan umum (pemilu) serentak yang akan diselenggarakan tahun 2019 mendatang. Sedangkan, kepada Komisioner Bawaslu terpilih, dirinya meminta agar menyiapkan sistem pengawasan yang fokus pada penanganan sengketa pemilu yang mungkin timbul.

"Sistemnya sudah ada, tidak ada yang baru. Itukan tinggal dijalankan saja. Yang penting sebenarnya lebih banyak adalah komunikasi yang baik supaya jangan muncul kecurigaan KPU bermain dan sebagainya. Itu saja," ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan, Komisi II DPR telah memilih tujuh Komisioner KPU dan lima Komisioner Bawaslu periode 2017-2022, dalam rapat kabinet yang digelar, Selasa (4/4) malam.

Lima nama komisioner Bawaslu terpilih adalah Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin, ‎Rahmat Bagja, ‎Abhan, dan ‎Fritz Edward Siregar. Sedangkan, komisioner KPU terpilih adalah Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, Ilham Saputra, Hasyim Asy'ari, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, dan Arief Budiman.

Novi Setuningsih/FER

Suara Pembaruan
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER