Kanal

Masyarakat Pematang Botam Melaporkan S.Simatupang ke Polres Rohil

RADARPEKANBARU.COM – Salah seorang warga atas nama S.Simatupang dilaporkan masyarakat Kelurahan Pematang Botam Kecamatan Rimba Melintang dengan tuduhan mencuri kelapa sawit dan pengelapan atas tanah ke Polres Rohil di Ujung Tanjung. Warga melapor didampingi kuasa hukumnya Irwanto Nata, SH, MH,
 
Berikut kronologis versi Irwanto Nata, SH, MH kuasa kukum warga

"Dahulunya membeli tanah di tahun 1992 masing jumlah tanahnya bervariasi saat ini terkumpul 45 orang masyarakat dengan luas 120 hektar,"kata Irwanto Nata, SH, MH kepada radarpekanbaru.com , rabu (22/3) kemarin.

Warga membeli melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Ahmad MJ. Dulu Kelurahan Rimba Melintang sekarang berubah nama menjadi Kelurahan Pematang Botam.

Tanah masyarakat sudah ditanami tanaman kelapa sawit, bahkan warga sudah menikmati hasil .

Sejak lahan dibeli dan ditanami bahkan sudah memtik hasil,sebelumnya tidak ada satupun masalah dan tidak ada pihak menapun yang mengklaim tanah yang dibeli masyarakat

Namun baru muncul masalah sejak tanggal 27 september 2016 lalu hingga sekarang.

"Ada sekelompok oknum yang mengaku-ngaku memiliki lahan tersebut antara lain berasal dari Koperasi Pegawai Negeri (KPN) dan oknum Koperasi Departemen Agama (KOKARDA) yang memberikan kuasa kepada LBH RI yang beralamat di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis untuk mengambil buah Kelapa Sawit,membersihkan lahan dan mematoknya hingga menurunkan alat berat berupa eskapator dengan membuat kanal (parit,red)" kata Irwanto.

 

Foto Radar Indomedia Pers.
Foto : Lahan yang bersengketa


Hingga akhirnya pihak warga berkesimpulan mengambil langkah hukum, salah satunya dengan cara melaorkan salah seorang masyarakat atas nama S.Simatupang ke Polres Kabupaten Rokan Hilir.

"S.Simatupang diduga terlibat dengan tuduhan mencuri kelapa sawit dan pengelapan atas tanah,"tegasnya.

S.Simatupang bersama dan kelompoknya tersebut mengklaim mempunyai lahan yang berada di tanah masyarakat dengan luas 120 hektar.

"Mengaku memiliki suarat klaim atas tanah yang dikeluarkan Penghulu di tahun 1996 , Penghulu bernama Ahmad Johari dan Camat Surya Arfan, yang saat ini Bapak Surya menjabat Sekda Rohil," kata Irwanto.

Sebagaimana diketahui sebelumnya masyarakat Kepenghuluan Botam sudah melakukan upaya mohon penyelesaian masalah kepada pihak, Kapolsek Rimba Melintang, pihak Kecamatan Rimba melintang namun tidak ditanggapi. (rls)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER