Kanal

Jelang Pilwako Pekanbaru 2017, Satpol PP Seleksi 360 Orang Pasukan Linmas

RADARPEKANBARU.COM - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Zulfahmi Adrian mengatakan saat ini sedang melakukan proses perekrutan 360 anggota perlindungan masyarakat (Linmas) untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah 2017.

"Seluruh kecamatan sudah hampir  melaporkan perekrutan anggota Linmas," kata Zufahmi di Pekanbaru pada rapat koordinasi camat, lurah dan kesiapan serta perekrutan anggota Linmas dalam menghadapi Pilwako Pekanbaru 2017, Rabu.

Menurut Zulfahmi meskipun masih ada yang belum, namun dalam waktu dekat akan disiapkan secepatnya.

Ia menjelaskan untuk keperluan seragam 360 Linmas pihaknya sudah mengeluarkan anggaran.

"Kami sudah menganggarkan pembuatan baju dan peralatan untuk anggota Linmas sebanyak 360 orang itu dan mereka siap mengamankan Pilwako," kata Zulfahmi.

Menurut dia tugas anggota Linmas tersebut, selain mengamankan Pilkwako, juga membantu keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyakarat.

Kemudian membantu dalam. penanggulangan bencana serta membantu upaya pertahanan negara.

"Kami harapkan anggota Linmas ini bisa bekerja dengan baik, terutama dalam memberikan kenyamanan di tengah masyarakat," harap Zulfahmi.

Ditempat yang sama Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger mengatakan, perekrutan anggota Linmas tersebut dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat menyambut Pilwako mendatang.

Untuk itu dia berharap kepada camat dan lurah agar saling koordinasi dengan masyarakat di lingkungan masing-masing. Demi menjaga kondisi yang aman dan tertib.

"Kami ingatkan kepada camat dan lurah agar meningkatkan koordinasi karena mereka adalah ujung tombak. Sehingga situasi bisa berjalan aman dan lancar," sebut Edwar.

Di samping itu, Edwar juga berpesan kepada camat dan lurah agar tidak ikut serta berpolitik praktis dalam mendukung salah satu calon atau diminta netral. Sebab jika terbukti, akan dilakukan penindakan.

"Bekerjalah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, jalinlah kerja sama yang baik, terutama dalam melayani masyarakat," katanya menambahkan.

Sebelumnya diberitakan perekrutan 4.000 tenaga Linmas di Pekanbaru batal disebabkan ketersediaan dana alokasi Pilwako 2017 yang terbatas.

Kepala Badan Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Jumat (21/10/2016) menyebutkan meski begitu pihaknya sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru mencari alternatif.

"Solusinya dipegang oleh KPU melalui petugas KPPS. Masing-masing kelurahan nantinya ada 5 tenaga Linmas," sebutnya.


Zulfahmi menambahkan nantinya dari Satpol PP juga akan diperbantukan.  

"Ada 360 tenaga linmas ditambah juga dengan anggota kita (Satpol PP) yang diberdayakan untuk pengamanan Pilkada serentak di Pekanbaru 2017," katanya menambahkan.


Sesuai Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 secara prinsip tenaga linmas merupakan tenaga sukarela.(*)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER