Kanal

Tingkatkan Taraf Kesehataan Masyarakat, Dinkes Riau Gelar Kegiatan Germas

RADARPEKANBARU.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menggelar gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas pada bersempenanya Hari Kesehatan Nasional ke 52 Tahun 2016.

"Gerakan ini tidak hanya menjadi kewajiban dari Dinkes Riau, tapi keterlibatan semua stakeholder diharapkan turut mengampanyekan pentingnya pola hidup sehat kepada masyarakat," kata Kepala Dinkes Riau, Andra Sjafril di Pekanbaru, Rabu (9/11).

Andra Sjafril mengatakan Germas yang diluncurkan di Bumi Melayu sebagai awal implementasi gerakan masyarakat hidup sehat, sehingga diharapkan keterlibatan multi sektor dan pemangku kepentingan, antara sektor kesehatan, akademisi, LSM di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

"Satuan Kerja Perangkat Daerah diminta juga untuk ikut mensosialisasikan kegiatan ini, agar tersampaikan ke seluruh lapisan masyarakat melalui gerakan yang terintegrasi di Pemerintahan dulu," kata Andra.

Adapun Germas terselenggara dengan tujuan menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

" Termasuk dalam rangkaian kegiatan mengampanyekan pemeriksaan kesehatan rutin enam bulan sekali, enyahkan rokok, diet berimbang dengan makanan sayur mayur, istirahat cukup dan hindari stres," sebutnya.

Dikatakannya, Germas yang dihelat dengan agenda pokok membudayakan makan-sayur dan buah di Bazar Sayur dan Buah, cek kesehatan secara teratur antara lain cek tensi, cek gula darah,  kolesterol dan asam urat serta cek massa tubuh, serta minum bersama Bugar Dengan jamu (Bude Jamu).

Dan yang tidak kalah menarik yakni perlombaan masak nasi goreng tanpa pelezat buatan oleh delapan koki pria yang merupakan Pejabat Eselon III Dinkes Riau.

Kegiatan ini ditaja oleh Panitia HKN Dinkes Provinsi Riau bekerja sama dengan TP PKK Provinsi Riau,  Dharma Wanita Persatuan Provinsi Riau dan BKOW Provinsi Riau dengan pelaksana : Program Promosi Kesehatan dan Dharma Wanita Persatuan Dinkes Provinsi Riau. (ant)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER