Kanal

Luhut Panjaitan Kecil di Rumbai Minum Air Sungai Siak, Sekarang Jadi Mentri

RADARPEKANBARU.COM - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan kerja di Provinsi Riau, Rabu.

Ribuan hadirin yang sudah menunggu lebih dari 2 jam di Ballroom Hotel Labersa, Kabupaten Kampar.

Dalam pembukaan pidatonya, Menkopolhukam Ruhut Panjaitan pun menimpali sisi nostalgianya terhadap Riau. Ia mengatakan kenal baik dengan Arsyadjuliandi Rachman karena kedua ayah mereka berkawan baik.

Ia mengatakan saat kecil tinggal di daerah Rumbai karena ayahnya berkerja di Caltex, sekarang PT Chevron. Hobi Luhut kecil adalah berenang, bahkan dia mengaku pernah mewakili Riau di Pekan Olahraga Nasional (PON) dalam cabang olahraga renang.

"Saya dulu latihan renang di Sungai Siak, tapi dulu airnya masih bersih. Jadi saya sudah banyak minum air Sungai Siak," kata Luhut yang disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Pelaksana Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, bahwa kedatangan sang menteri sangat dinanti karena Luhut punya sejarah kuat dengan Kota Pekanbaru, khususnya daerah Rumbai.

"Beliau pulang kampung karena beliau ini anak Rumbai. Saya kadang lupa panggil bapak dengan abang, jadi mohon maaf ya," kata Plt gubernur dalam pidatonya yang langsung disambut tawa ribuan hadirin.

Ia mengatakan sangat berterimakasih atas kunjungan resmi pertama Luhut selaku menteri di Riau.

Luhut : Riau Nostalgia Tersendiri Bagi Saya

Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan berkunjung ke Riau merupakan nostalgia tersendiri bagi dirinya. Dirinya menghabiskan masa kecil di Rumbai Pekanbaru Riau.

"Nostalgia tersendiri bagi saya Riau ini. Saya berumur tiga tahun dibawa almarhumah ibunda ke Riau, ayah saya kerja di caltex, saya berenang di Sungai dan sudah banyak minum air sungai siak itu, dan berenang disana,"ujar Luhut Binsar.

Bahkan menurut Luhut, dirinya pada saat duduk dibangku SMP dan SMA di Pekanbaru sempat fasih berbahasa Minang sebagai bahasa yang familiar di Pekanbaru.

"Saya juga pernah mewakili Riau di PON Bandung untuk renang, waktu itu sungai siak masih bersih, disana saya latihan, makanya Riau ini Nostalgia dalam diri saya,"ujarnya.

Bahkan saat kecil juga, Luhut mengaku sudah berteman dengan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru.

"Kedua bapak kami berteman, cuma sekarang dua-dua sudah out (Meninggal),"jelas Luhut.

Plt Gubernur Riau Andi Rachman Curhat ke Menkopolhukam

Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyempatkan untuk menyampaikan curhatnya kepada Menkopolhukam.

Andi Rachman begitu dirinya akrab disapa curhat soal kondisi ekonomi Riau yang mengalami kemunduran akibat gejolak ekonomi.

"Dalam kesempatan ini, saya minta perhatian dan dukungan dari pak Luhut, tahun 2015 Riau alami gangguan ekonomi karena sektor Migas dan Perkebunan mengalami penurunan,"ujar Andi Rachman .

Sehingga harus didukung, penuh pemerintah pusat segala proyek untuk pembangunan daerah terutama untuk pembangunan infrastruktur di Riau diantaranya jalan tol dan kereta api.

"Kami tidak tahu kapan berakhirnya dan bisa diperbaiki ekonomi Riau ini pak Luhut, sekarang kami kejar Pariwisata berbasis budaya, makanya kami mohon dukungan bapak,"jelas Plt Gubernur Riau.

Untuk mendukung itu semua lanjut Plt Gubernur harus disahkannya RTRW yang hingga sekarang masih dalam proses di Kementerian Lingkungan Hidup.

"Mohon dukungannya pak Menkopolhukam. Agar bisa menciptakan lapangan tenaga kerja baru ditahun 2016. Untuk kelanjutan ekonomi di Riau,"jelas Andi Rachman. (radarpku/tribun)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER