Kanal

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim Optimis Penumpang Lebaran Tahun Ini Meningkat

RADARPEKANBARU.COM- PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru mengaku optimis, penumpang pesawat angkutan Lebaran tahun ini bakal meningkat sekitar empat persen dibandingkan tahun 2014.
 
"Kalau estimasi kita, penumpang Lebaran mengalami peningkatan sekitar 3 atau 4 persen dari tahun lalu," papar Kepala Divisi Pelayanan dan Operasi Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, Hasturman Yunus di Pekanbaru, Kamis.

Ia berujar, peningkatan penumpang baik arus mudik atau arus balik Lebaran 2015 tersebut ditandai dengan empat dari 10 maskapai yang beroperasi di bandara setempat telah mengadakan "extra flight" seperti Lion Air rute Pekanbaru-Batam pergi pulang dimulai hari ini.

Pada musim Lebaran tahun 2014, cuma maskapai Indonesia AirAsia yang melakukan penerbangan tambahan dengan rute Pekanbaru-Bandung, sedangkan maskapai lain masih normal seperti biasa atau dimaksimalkan waktu penerbangan setiap hari.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Provinsi Riau pada musim Lebaran tahun 2014 menyatakan, untuk penumpang transportasi udara mengalami penurunan sebesar 6,68 persen dari 78.339 orang pada tahun 2013 menjadi 73.108 orang tahun 2014.

"Tahun ini karena sudah ada empat maskapai yang melakukan "extra flight", kami memiliki keyakinan pasti meningkat dari tahun lalu. Sebab, tidak mungkin "airlines" mengajukan "extra flight" kalau tidak ada "supply and demand", katanya.

Selain itu, ucapnya meyakinkan, libur Lebaran tahun ini bersamaan dengan waktu libur anak sekolah, kemudian cuti bersama, tidak ada hari kejepit nasional, pertengahan bulan dan lain-lain yang sangat berpengaruh terhadap aktifitas perekonomian.

"Tahun lalu, orang lebih banyak bawa kendaraan pribadi angkutan darat seperti mobil, sehingga penumpang pesawat mengalami penurunan. Apalagi tahun kemarin terjadinya asap dari kebakaran hutan dan lahan di Riau," jelas Hasturman.

Data Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, ke-4 maskapai melakukan penambahan penerbangan itu yakni Lion Air rute Pekanbaru-Batam pergi pulang 2 kali per hari dimulai pada 2 Juli-5 Agustus 2015 dan Batik Airrute Pekanbaru-Jakarta 1 kali sehari dimulai 10 Juli-3 Agustus 2015.

Kemudian maskapai Citilink Indonesia rute Pekanbaru-Jakarta 1 kali sehari dimulai 2-27 Juli 2015 dan Indonesia AirAsia rute Pekanbaru-Bandung sebanyak 4 kali dalam satu pekan yakni setiap Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu mulai 13-27 Juli 2015.(ANT)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER