Kanal

Terpaksa Pakai Dana Infak Masjid, Anggaran Masjid Paripurna Tak Kunjung Cair

RADARPEKANBARU.COm - Kendati sudah memasuki triwulan pertama 2015, namun anggaran operasional masjid paripurna untuk 12 kecamatan se-Kota Pekanbaru tak kunjung cair. Dana sebesar Rp350 juta dari APBD 2015 untuk masing-masing masjid paripurna itu belum dikeluarkan Bagian Keuangan Pemko Pekanbaru.

Untuk menutupi dana operasional masjid, terpaksa memakai dana infak masjid. Jika sampai April dana itu belum juga dicairkan, dikhawatirkan imam besar, petugas cleaning service, satpam dan operasional bakal tak gajian.

"Belum cair. Kami khawatir jika sampai bulan depan (April, red) tak cair, maka untuk gaji imam besar, petugas cleaning service, satpam dan dana operasional lainnya, tidak bisa dibayarkan. Karena kami sudah menanggungnya untuk Januari, Februari, dan Maret," ujar Bendahara Badan Pengelola Masjid Paripurna (BPMP) Al Muhajirin, Rumbai M Toat Nasution SE Ak, Ahad (29/3).

Ia menyebutkan, proposal pencairan dana sudah disampaikan ke Bagian Keuangan dan juga Kesra Setko Pekanbaru sejak 20 Januari 2015 lalu sesuai permintaan dari Kesra.
Terhadap persoalan ini, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi yang dikofirmasi usai memberikan kuliah Subuh di Masjid Paripurna Al-Muhajirin, Ahad (29/3) mengaku terkejut. Karena pihaknya beranggapan dana untuk operasional masjid paripurna itu sudah dicairkan oleh bagian keuangan. Makanya ia akan segera mempertanyakan ke pihak keuangan agar pencairan dana itu disegerakan.

"Belum cair ya. Seharusnya sudah dicairkan oleh keuangan Pemko. Nanti saya tanyakan kenapa belum cair," ujarnya singkat.

Asisten IV Setko Sentot Djoko Prayitno mengatakan, cairnya anggaran tersebut  tergantung dari pengajuan proposal masing-masing masjid. Hingga pekan kemarin, katanya baru enam masjid paripurna yang mengajukan proposal.

Senada dengannya, Kabag Kersa Setdako Muhammad Amin mengatakan, "Enam proposal masjid tersebut telah diverifikasi pihaknya. Sehingga jika tidak ada kendala bisa cair dalam waktu dekat. sebelum April bisa diupayakan cair anggarannya," ujarnya.(rdrpku/rp)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER