Kanal

Dinilai Tidak Transparan, IKAMIHU Pertanyakan Dana Beasiswa dan Asrama

RENGAT, RADARPEKANBARU.COM - Ikatan Mahasiswa Inhu Pekanbaru ( IKAMIHU) Pekanbaru akan mendatangi Dinas Pendidikan kabupaten Inhu, terkait realisasi dana pendidikan yang telah dianggarkan sebesar 30% dari APBD Inhu.

Saat dihubungi melalui telpon selularnya ketua IKAMIHU Pekanbaru Satrio Rachmazan menjelaskan bahwa penggunaan anggaran dinas pendidikan Inhu dinilai tidak ada transparan dan didiskriminasikan oleh oknum tertentu.

"Kita berkaca pada situasi dan kondisi pendidikan nasional, pemerintah kita belum dapat merentas kemiskinan pendidikan masyarakat, masih banyak masyarakat yang belum merasakan fasilitas pendidikan yang sangat tidak memadai dan tenaga pengajar yang belum profesional. Dalam pandangannya bagaimana hal tersebut dapat mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjadi tujuan negara Indonesia," terang Satrio.

Satrio menambahkan di Kab. Inhu anggaran dana beasiswa buat mahasiswa sudah jelas, tapi disini terlihat adanya Diskriminasi. Tidak seluruh mahasiswa di Kab. Inhu baik yang kuliah diluar daerah maupun didaerah merasakan amanat UUD, terlihat hanya memfokuskan beasiswa hanya kepada mahasiswa yang kuliah didaerahnya saja.

Pemerintah kab. Inhu dianggap gagal mengakomodir mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa, artinya bahwa pemkab tidak pernah serius dalam program memajukan pendidikan di Kab Inhu.

"Kita menilai kurangnya tanggung jawab instansi terkait, apalagi dengan berlakunya sistem UKT ( Yang Kuliah Tinggal) yang artinya biaya kuliah yang cukup besar sehingga menghambat untuk pelajar yang kurang mampu dan berprestasi untuk dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Sesuai dengan pasal 12 ayat 1 C UU no. 20 tahun 2003 yang berbunyi " setiap peserta didik berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu berhak untuk mendapatkan beasiswa." Tambah Satrio.

Kurangnya perhatian pemkab Inhu terlihat dengan fasilitas asrama yang terkesan tidak terurus.

"Sebagai ketua IKAMIHU Pekanbaru saya sering menerima keluh kesah tentang beasiswa dan asrama yang tidak terakomodir. Sebagai satu contoh Kondisi asrama mahasiswa Inhu di pekanbaru terkesan tidak terurus secara baik, padahal setiap tahunnya sudah dianggarkan dan disahkan dana untuk peremajaan/perawatan asrama tersebut. Dan kami akan segera mengusut hal tersebut ke dinas pendidikan Inhu." Jelas Satrio (radarpku)


Editor : Alamsah
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER