Kanal

PD Pembangunan Protes ke Dishub Halte Rusak tak Diperbaiki , Karyawan TMP Lakukan Aksi Patungan

RADARPEKANBARU - Karyawan PD Pembangunan selaku pengelola bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) melakukan aksi terjun kelapangan guna melakukan perbaikan terhadap sejumlah Halte yang rusak. Halte tempat naik turunya penumpang angkutan massal itu terpaksa diperbaiki dengan cara swadaya oleh karyawan PD Pembangunan dikarenakan kurangnya kepedulian dari Dinas Perhubungan kota pekanbaru untuk memperbaikinya.

Aksi gotong royong ala karyawan bus transmetro ini dibenarkan oleh Herisusanto selaku direktur utama PD Pembangunan Kota Pekanbaru.Menurut heri ada banyak karyawan yang berinisiatif menyisihkan sebagian gaji mereka untuk membeli cat dan sejumlah keperluan untuk memperbaiki Halte transmetro.

"Karyawan PD pembangunan dengan swadaya sendiri yang berasal dari sebagian gaji mereka melakukan pengecatan terhadap halte-halte transmetro", kata heri kepada Radar Pekanbaru melalui pesan blackberry nya, kamis (19/3).



Foto : Aksi Karyawan melakukan pengecetan halte Bus TMP dengan dana pribadi


Ditanyakan kepada heri apakah PD Pembangunan tidak punya anggaran untuk melakukan perbaikan halte bus yang rusak?, heri mengatakan, bahwa tanggung jawab perbaikan halte bus berada di tangan dinas perhubungan.

"PD pembangunan kan hanya operator TMP ,urusan halte dishub" tutur heri.

Aksi ini menurut dirut PD Pembangunan juga dilatarbelakangi karena gerah salama ini selalu di salahkan banyak pihak akibat kondisi Halte yang kotor dan kusam.

"  Habisnya kami terus yang disalahkan masyarakat dengan kondisi halte yang kotor dan kusam," jelasnya.

Sebagaimana diketahui kondisi Halte yang kotor dan banyak yang rusak juga mendapat sorotan dari kalangan Anggota DPRD Pekanbaru. Anggota Dewan sangat menyayangkan masih adanya beberapa halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang rusak. Hal tersebut selain membuat keindahan halte jadi buruk, juga mengurangi rasa keamanan dan kenyamanan masyarakat pengguna jasa TMP.

"Seharusnya halte tersebut diperbaiki, tidak dibiarkan begitu saja. Mengenai siapa yang memperbaikinya, terserah. Karena memang Dishubkominfo selaku Satker terkait harus bertanggung jawab. Begitu juga dengan PD Pembangunan selaku pengelola TMP," tegas Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Roni Amriel, Senin lalu (9/2) kepada wartawan di ruang kerjanya.

Roni menilai, kerusakan halte tersebut sudah menjadi prioritas pemerintah dan pengelola untuk memperbaikinya. Jangan hanya sibuk mengurus bus-nya saja. Tapi sarana dan prasarana penunjang, harus dipikirkan. Sehingga tujuan TMP ini diadakan, berjalan sesuai aturan.


Heri Susanto dirut PD Pembangunan Kota Pekanbaru


Berikut Petikan Wawancara Radar Pekanbaru dengan Heri Susanto Dirut PD Pembangunan selaku pengelola Bus Transmetro Pekanbaru.

Radar Pekanbaru: Kenapa bisa karyawan transmetro ngecat,dengan biaya sendiri?

Heri: Hehehe iya, habisnya kami terus yg disalahkan masyarakat dengan kondisi halte yang kotor dan kusam.Ini bentuk kepedulian karyawan PD atas kondisi yang ada.

Radar Pekanbaru: Apa dana dari BUMD gak ada?

Heri: Halte kan masih tanggung jawab dishub,PD kan hanya operator TMP,urusan halte dishub.

Radar Pekanbaru: Apa solusi mengatasi masalah ini?

Heri: Ya solusi cepat kami berinisiatif

Radar Pekanbaru: Apa belum ada dibicarakan dgn dishub?

Heri: Sudah kami ajukan,namun dana didishub ga ada.

Radar Pekanbaru: Kok bisa gak ada?

Heri: Itu yang kami ga tau.

Heri: Kami akui masalah fasilitas umum juga semestinya tanggung jawab bersama,bukan hanya pemerintah,peran serta swasta juga harus dilibatkatkan.

Radar Pekanbaru: Swasta misalnya?

Heri: Ya swasta dibidang automotive sebagai pemegang merek, mereka jg hrs ikut terlibat memperhatikan kondisi fasilitas umum di bidabg transportasi umum,karena mereka juga bertanggung jawab atas tingginya pertumbuhan kedaraan di jalan.Jangan hanya sekedar mencari keuntungan namun harus mau juga menyalurkan CSR buat kota ini khususnya di bidang pelayanan publik pendukung transportasi masal.

Radar Pekanbaru: Maksudnya seperti apa?

Heri: Sekarang ATPM (Agen Pemegang Merek) kendaraan bermotor di pku saat ini telah memberikan apa buat pelayanan publik dibidang transportasi di pekanbaru ?
Heri: Mrk hny mencari keuntungan saja di pku kan ? seperti itu mungkin kira-kira.
(radarpku)



Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER