Kanal

Wow..Inilah Penjara Termewah di Dunia

RADARPEKANBARU.COm - Penjara, selama ini memiliki cermin menakutkan, bahkan angker. Narapidana, dari berbagai kasus kejahatan berkumpul di tempat itu.

Alhasil, sebagai hukuman, mereka pun dipaksa tinggal di tempat yang jauh dari kata nyaman, selama berbelas hingga berpuluh tahun lamanya.

Tapi, seluruh bayangan mengerikan itu tak tampak di Penjara Halden, Norwegia.

Di sana, narapidana hidup amat nyaman, karena fasilitas penjara yang mirip dengan kamar hotel.

Di masing-masing sel, sebanyak 256 tahanan di sana, difasilitasi TV layar datar, kulkas, bahkan kamar mandi. Sel juga memiliki jendela, hingga memungkinkan narapidana mendapatkan cahaya yang baik.

Menilik keluar sel, narapidana juga dapat menggunakan ruang tamu plus sofa mewahnya, studio musik, perpustakaan, gym hingga panjat tebing.

Tak cuma itu, narapidana juga diperbolehkan untuk bermeditasi, membaca buku, hingga menulis surat dengan bebas, bahkan mendapatkan pemeriksaan gigi gratis.

Otoritas Halden mengatakan bahwa tempatnya dibuat untuk menghindari tahanan kabur. "Di sini terdapat penjahat paling sadis di Norwegia. Mereka tetap mendapatkan hak dan fasilitas yang baik sebagai manusia," ujarnya.

Sementara itu, Andres Behring Breivik, tahanan atas kasus pembunuhan terhadap 77 orang mengatakan bahwa penjara ini menyenangkan. "Saya setiap hari makan semangkuk bubur. Lalu dilanjutkan dengan ham, keju dan kopi panas. Sangat menyenangkan tinggal di sini," paparnya.

"Di sel saya juga terdapat komputer. Memang tidak ada internet, tapi dengan komputer saya bisa menonton DVD," tuturnya.

"Saya juga bebas merokok di sini, tepatnya di ruang khusus merokok. Saya dapat rokok dengan hanya memintanya kepada petugas," tutupnya.(news.com)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER