Kanal

Pasar Palapa Akan Disulap Jadi Pasar Tardisional yang Bersih dan Modern

RADARPEKANBARU.COm - Kian tenarnya Batu Akik membuat Pasar Palapa saat ini dikenal masyarakat Kota Pekanbaru sebagai pasar batu, hampir mengalahkan ketenarannya sebagai pasar tradisional tempat masyarakat membeli kebutuhan sehari-hari.

Kini, setiap harinya pasar palapa dijejali para pemburu batu mulya, hal ini tampak dari parkiran pasar tersebut yang terus penuh dan rata-rata diisi mobil-mobil mewah. Tidak hanya dari dalam kota pekanbaru, tapi mobil-mobil yang terparkir juga banyak dari luar daerah.

"Tak hanya dari pekanbaru dek, dari luar juga banyak. Lihat aja plat mobilnya," sebut Syamsul salah seorang pedagang Batu kepada wartawan, senin (9/3).

Memasuki pusat panjualan batu Akik di Pasar Palapa, mesin pengasah batu salih bersahutan dari kioe satu dan kios lainnya. Namun pengunjungan tidak nyaman karena gang antara pedang satu dengan lainnya hanya berukuran satu meter dan saling berdesak-desakan saat berselisih jalan.

"Apa lagi kalau habis hujan, jalan di dalam gang ni becek, karena banyak atap yang sudah bocor," tambahnya.

Memang dari pantauan wartawan, banyak seng yang menutupi kios para pdagang yang bolong dan beberapa tiang penyangganya juga tampak tak berdiri kokoh lagi.

"Memang pasar ini perlu perhatian, untuk kenyamanan oenginjung dan pedagang juga. Kalau pengunjung nyaman tentu pasar ini juga akan ramai," ujar Nofri salah seorang pengunjung yang saat itu tenag memilih batu.

Tingginya perhatian masyarakat akan keberadaan pasar palapa yang kini menjadi pusat pedagang Batu. Membuat pemerintah Kota Pekanbaru mewacanakan dalam waktu dekat akan segera merenovasi pasar tersebut. Agar pasar bisa lebih represntatif bagi pengunjung,

"sementara para pedagang yang saat ini berjualan disana akan direlokasi sementara ketempat yang representatif, karena pasar akan kita bangun dan renovasi agar lebih represenatati," ujar Walikota Pekanbaru, Firdaus MT kepada wartawan akhir pekan lalu.

Dengan kordinasi Pemko antara dinas pasar dana mitra dari pihak ketiga, kedepannya peremajaan dan pembangunan pasar palapa bisa berjalan lancar.

"Proyek pembangunan pasar Palapa itu kita tenderkan, kita membangunnya dengan investasi pihak swasta. Bukan dari APBD," sebutnya.

Saat disinggung kapan akan dilakukan pembangunan pasar Palapa, Wako menyatakan pihaknya akan memulai tender dalam waktu dekat. dan  Penenderannya dilakukan bersamaan dengan pasar induk. 

"Pasar palapa akan kita bangun dengan konsep pasar tradisioanal yang bersih dan modern," tandasnya.(radarpku/rls)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER