Kanal

2023, Lahan Terbakar di Riau Capai 300 Hektare, 18 Orang Jadi Tersangka

RADARPEKANBARU.COM - Polda Riau mengungkapkan bahwa selama tahun 2023 pihaknya menangani 14 kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dari kasus tersebut sebanyak 300 hektare lahan yang terbakar dan 18 orang dijadiin tersangka. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasihan Rahmadi saat mengikuti Rapat Koordinasi Satuan Tugas Pengendalian Karhutla Provinsi Riau dan Kabupaten Kota, Rabu (7/6/2023).

"Selama 2023 Polda Riau telah menangani 14 kasus Karhutla dan telah menahan 18 orang tersangka semuanya perorangan, 2 kasus diantaranya sudah P21 dengan luas lahan yang terbakar seluah 300 hektar," kata Rahmadi.

Ia juga menjelaskan bahwa melalui aplikasi dasboard Lancang Kuning telah mendeteksi 6 ribu kejadian Karhutla, namun setelah diverifikasi hanya 3 ribu yang betul-betul Karhutla.

"Aplikasi ini juga sangat membantu dalam penangangan Karhutla. Terkait kejahatan lingkungan, kami siap bekerjasama dengan semua pihak, apapun informasi yang diberikan, selama bisa dilakukan penindakan hukum, akan dilaksanakan," ungkapnya.

Jendral Bintang 1 itu juga menambahkan, ada dua daerah yang menjadi atensi Polda Riau dalam penanganan Karhutla saat ini, yaitu Dumai dan Bengkalis.

"Kita juga sudah menghimbau kepada masyarakat baik perorangan maupun perusahaan, tidak lagi membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar. Apalagi di musim kemarau yang tentunya akan menimbulkan potensi Karhutla yang lebih besar," pungkasnya.(ckc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER