Kanal

Pemprov Riau segera Hibahkan Tanah untuk RS Otak dan Jantung ke Kemenkes

RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan persiapan terkait rencana pembangunan rumah sakit vertikal khusus otak dan jantung di Riau oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau, Indra SE mengatakan, pihaknya saat ini sudah menyelesaikan administrasi untuk hibah tanah dari Pemprov Riau ke Kemenkes. Dimana Pemprov Riau telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare (Ha) di Jalan Naga Sakti, Kota Pekanbaru.

"Berkasnya sudah kami siapkan, tinggal tanda tangan berita acara serah terima hibah tanah rumah sakit vertikal khusus otak dan jantung di Riau," kata Indra, Rabu (24/5/2023).

Indra menyampaikan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Gubernur Riau dan juga pihak Kemenkes untuk acara seremonial penandatangan berita acara serah terima hibah tanah tersebut.

"Tinggal menunggu waktu saja untuk penandatangan, sedang kami koordinasikan. Apakah acara akan dilaksanakan di Pekanbaru atau Jakarta," ujarnya.

Jika nantinya serah terima hibah tanah tersebut sudah selesai dilaksanakan. Maka pembangunan rumah sakit bisa langsung dikerjakan, dimana rencananya rumah sakit akan mulai dibangun pada bulan Juli mendatang.

"Informasi yang kami terima, rumah sakit vertikal otak dan jantung itu akan mulai dibangun tahun ini, tepatnya bulan Juli," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengatakan, rumah sakit pusat otak dan jantung ini merupakan rumah sakit yang dibangun oleh pemerintah pusat dibawah naungan Kemenkes.

"Jadi rumah sakit tipe A ini adalah rumah vertikal milik Kementerian Kesehatan yang ditempatkan di Provinsi Riau," tutupnya.

Zainal mengungkapkan, selama ini masyarakat Riau banyak yang berobat ke Jakarta dan ke luar negeri, khususnya di Malaka Malaysia. Terutama pasien yang mengalami sakit stroke dan jantung.

Keuntungan lainnya jika rumah sakit ini sudah dioperasikan, masyarakat Riau tidak perlu lagi jauh-jauh keluar negeri atau ke Jakarta untuk berobat. Cukup di Riau saja dan bisa menggunakan BPJS Kesehatan.

"Jadi keberadaan rumah sakit ini bisa berobat gratis dengan BPJS. Rumah sakit ini bisa menjadi alternatif, tidak lagi harus keluar negeri," tukasnya.(ckc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER