Kanal

Gubernur Sumbar : Hebohkan MTQ Agar Masyarakat Cinta & Mengamalkan Al-Qur'an

AGAM SUMBAR, RADARPEKANBARU.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara resmi MTQ ke 36 Tingkat Kabupaten Agam tahun 2014 di Halaman Kantor Camat Malalak, Sabtu siang (8/11-2014). Hadir dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag Drs.Syahrul Wirda,MM, Bupati Agam Indra Catri, Wabup Irwan Fikri, Kabiro Humas Irwan, S.Sos,MM, Kabiro Binsos Drs.H. Syahril B, Forkopinda agam, Ketua DPRD, Tokoh Masyarakat ,Walinagari, serta kepala SKPD di lingkungan Pemkab Agam.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, persiapan penyelenggaraan MTQ Sumbar yang baik dalam menciptakan qori qoriah terbaik, mesti diawali dari MTQ Tingkat Kab/ko yang juara tentunya dapat mewakili Sumbar di Tingkat nasional. Kegiatan MTQ merupakan rutin dan serimonial, namun kita berharap menjadikan MTQ sebagai motivator kita untuk terus membaca, memahami, mengamalkan, membumi dan mempelajari Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Kita perlu menghebohkan MTQ agar masyarakat cinta dan mengamalkan Al Quran, mewujudkan negara dan daerah yang masyarakatnya terjauh dari perbuatan pelanggaran, kejahatan dan sebagainya yang menodai kehidupan mereka. Oleh karena itu mari kita jadikan Al Quran sebagai penunjuk dalam membentuk dan mendidik karakter generasi muda dan masyarakat menjadi pribadi -pribadi yang baik dan santun, ajaknya.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, kita perlu meningkatkan prestasi para qori dan qoriah setiap tahunnya sebagai upaya kita menjadi lebih yang terbaik, sesuai dengan usaha mengimplementasikan filosofi ABS-SBK dalam kehidupan masyarakat di Sumatera Barat.

Kepada para dewan hakim, juri agar menjalankan amanah sebagai penilaian yang benar objektif dalam mencari qori qoriah terbaik dan berprestasi. Dan mampu menjauhkan diri dari praktek uang untuk memenangkan sepihak mencapai juara. Mudah-mudah ini tidak terjadi pada MTQ di Kabupaten Agam. Dan pemprov memberikan apresiasi serta terima kasih kepada bupati telah membuat perda- perda dalam mengamalkan nilai-nilai Al Quran. Dengan Al quran selain sebagai penunjuk juga sebagai kekuatan diri melawan kebatilan ditengah masyarakat, ujarnya.

Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah menyampaikan, dengan MTQ ini kita dapat menjadikan Al quran sebagai kekuatan iman, sebagai penuntun, sebagai ilmu pengetahuan dan filosofi keteladanan dengan kehidupan yang harmonis, pribadi memberi maaf dan saling menghargai. MTQ bukan untuk berlomba saja tapi kita bangun pengamalan nilai-nilai al quran bagi kita dan generasi muda.

Mudah-mudah para qori dan qoriah dapat menjadi contoh dan teladan dari yang lain, bagaimana setiap masyarakat kita benar-benar dekat dengan Al quran.

Kita menyadari untuk menyukseskan MTQ ini perlu didukung oleh pesantren, Pondok Al quran,program Magrib mengaji. Anak- anak kita yang dibina di 30 pondok pesantren di Agam. Peran ini tentu diharapkan terus berlanjut dan mengakar di Kabupaten Agam.

Dalam MTQ di 34 Dhamasraya Kontingen Kafilah Kabupaten Agam urutan ke kelima, dan untuk MTQ Nasional Tk Sumbar ke 35 tahun 2015 Di Kota Sawahlunto nanti , kita mesti bertekat menjadi peringkat II minimal peringkat III yang diperoleh dengan keberhasilan MTQ tahun ini, harapnya.

Kakanwil Kemenag Drs. H.Syahrul Wirda, MM menyampaikan MTQ merupakan kegiatan yang sangat penting secara nasional, apalagi di ranah minang dengan filosofi ABS SBK. Penyelenggarakan MTQ sekali dua tahun di Kabupaten adalah untuk, memotivasi kita sejauhmana kecintai membaca kitab suci Al quran, mengamalkan isi kandungan alguran, mewariskan nilai-nilai alquran.

MTQ momentum menerapkan nilai nilai al quran dalam kehidupan sehari-hari. Bangsa dan negera kita dihadapan pada pengaruh global, pergaulan bebas, narkorba lebih dahsyat dari serangkan teroris. Hal ini hanya dapat dilawan dengan kekuatan nilai nilai al quran. Obat penyakit batin, ingin selamat kembali melaksankan isi kandungan al quran. Tentang akhlak tingkah laku Rasullulah ada dalam Al quran. Oleh karena itu mari kita hidupan semangat nilai- nilai Al quran, di MDA, TPSA, Madrasah dan program magrib mengaji. Al quran mesti terus men jadi petunjuk umat Islam kedepan. Diharapkan pemda menjadi perhatian serius dalam pengembangan nilai -nilai Al quran ditengah-tengah masyarakat Sumatera Barat.

Peresmian MTQ Nasional Tinkat Kabupaten Agam ke -36 tahun 2014 ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubernur Irwan Prayitno dan Bupati Indra Catri yang disaksikan oleh kanwil Kemenag, Wakil Bupati , Ketua DPRD dan undangan lainnya. (rel/ede)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER