Kanal

H. Syafaruddin Poti : Apkasindo Rohul Untuk Kesejahteraan Petani Sawit

ROKAN HULU - Kepengurusan DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Rokan Hulu resmi dilantik dan dikukuhkan di Hotel Sapadia, Pasir Pengaraian, Minggu (17/10/21).

Hadir pada kesempatan itu Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dan Pengurus Apkasindo Provinsi Riau, Perwakilan Kontak Tani dari 16 Kecamatan se Kabupaten Rokan Hulu, Pengurus DPD Apkasindo Rohul, dan juga tamu undangan lainnya.

Bupati H. Sukiman mengapresiasi atas dilantiknya kepengurusan baru Apkasindo kabupaten Rokan Hulu, H. Sukiman berharap semoga kedepannya Apkasindo dapat bersinergi dengan baik besama Pemkab Rohul dibidangnya, dan bisa memakmurkan para petani sawit yang ada di kabupaten Rokan hulu.

“Semoga saudara-saudara sekalian dapat menjalankan amanah dengan baik, dapat mengayomi, dan memberikan bimbingan serta pengetahuan yang bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit serta mampu menyelesaikan permasalahan kelapa Sawit di Kabupaten Rokan Hulu,” Kata Bupati Sukiman. 

Diakui Bupati Sukiman bahwa APKASIndo merupakan salah satu organisasi Profesi Petani yang menjadi wadah pemersatu petani kelapa sawit di Indonesia, yang juga menyuarakan kepentingan petani sawit sekaligus mempererat silaturahmi para petani sawit.

“Oleh Karena itu, kami harapkan APKASIndo dapat membantu dan mendorong petani Kelapa Sawit agar lebih produktif dan dapat membantu petani permasalahan harga sawit yang sering kali mengalami penurunan namun sulit untuk naik,” Tambah Bupati.

Orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk itu juga berharap, agar APKASIndo mampu memberikan warna terhadap pet sawit  di Kabupaten Rokan Hulu dan siap bersinergi dengan seluruh pengusaha maupun organisasi dalam memberikan yang terbaik kepada petani sawit di Kabupaten Rokan Hulu.

“Kami percaya, dengan dikukuhkannya pengurus APKASIndo Kabupaten Rokan Hulu yang baru, nantinya mampu membina petani dan kelapa Sawit dan mudah-mudahan dapat meningkatkan produktivitas serta mampu bersaing secara global, sehingga para petani di Rohul menjadi petani yang mandiri, profesional dengan tetap mengedepankan Kualitas dan Kuantitas hasil pertanian kelapa Sawit,” Sebut Bupati lagi.

Sementara itu, Syafaruddin Poti selaku ketua DPD APKASIndo Kabupaten Rokan Hulu terpilih mengaku saat ini Kelapa Sawit menjadi primadona di masyarakat, dimana begitu banyak kemerosotan ekonomi di beberapa daerah akibat pandemi Covid, namun wilayah penghasil kelapa sawit tidak begitu merasakan kemerosotan tersebut.

“Kabupaten Rokan Hulu adalah salah satu yang tidak terlalu terdampak penurunan ekonomi akibat pandemi COVID-19, hal ini dikarenakan harga sawit tetap tinggi dan rata-rata masyarakat Rohul adalah petani sawit,” Kata Syafaruddin Poti.

Pria yang akrab disapa Sape itu juga mengatakan terdapat program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) oleh Pemerintah yang kurang kurang tersosialisasikan kepada masyarakat Rokan Hulu, sehingga dibutuhkan sebuah Komoditas yang melakukan Edukasi dan Sosialisasi terhadap Program tersebut kepada masyarakat.

“Banyak daerah-daerah berpotensi untuk program ini, dan InsyaAllah ini akan kita lakukan untuk mengembangkan Program PSR yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” Sebut Sape.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau itu juga mengatakan sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi terkait Peraturan Gubernur (Pergub) No 77 tahun 2020 tentang Penerapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Provinsi Riau.

“Sosialisasi ini diisi langsung oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau serta APKASIndo,” Tutup Sape.

H. Syafaraddin Poti Ketua Apkasindo yang baru saja dilantik mengucapkan terimakasih atas dukungan pengurus lainnya, ia berharap semoga melalui Organisasi Apkasindo ini bisa membawa Petani-petani sawit diwilayah Rokan Hulu bisa lebih sejahtera dari sebelumnya.

Sebagaimana berita sebelumnya,Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H. Syafaruddin Poti, SH gelar sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) No.77 tahun 2020 tentang Penetapan Harga Tanda Buah Segar (TBS) Provinsi Riau, di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian, Rokan Hulu, Minggu (17/10/21).

Sosialisasi ini di inisiasi oleh DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Rokan Hulu dengan menghadirkan kontak tani kelapa sawit dari perwakilan 16 kecamatan yang ada di Rokan Hulu,

Tak hanya itu, Sosialisasi ini juga bersempena jelang pelantikan dan pengukuhan DPD Apkasindo Kabupaten Rokan Hulu yang akan berlangsung nanti setelah sosialisasi, sebagaimana diketahui H. Syafaruddin Poti, SH terpilih sebagai Ketua Apkasindo kabupaten Rokan Hulu Periode masa jabatan 2021 - 2026.

"Apkasindo akan selalu mengawal harga TBS swadaya dan secara berkelanjutan akan mengadvokasi petani kelapa sawit dan pembinaan kelembagaan Petani, semoga sosialisasi ini bermanfaat dan pelantikan kita berjalan lancar, Ucap H. Syafaruddin Poti.

Acara dihadiri ole DPD Apkasindo Provinsi Riau, Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan Rokan Hulu, Pengurus Apkasindo Rohul dan Juga tamu undangan, serta dunia usaha dibidangnya. (*)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER