Pekanbaru Berprestasi dan Pertahankan Tradisi

Senin, 22 Juni 2015

RADARPEKANBARU.COm - Berbagai prestasi diraih Kota Pekanbaru selama kepemimpinan Firdaus MT dan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi Ssi, seperti yang baru-baru ini diraih Title Diamond Sebagai Kota Terbaik Versi Tempo.Penghargaan itu langsung diterima Walikota yang di berikan oleh Direktur Media Tempo, Bambang Harrymurti.

"Ajang ini menelisik potensi kota di Indonesia dari sisi lain dan cara peneilaian berbenda. Alhamdulillah kita menjadi kota terbaik bersama 20an kota lainnya. Ini sebagai motviasi meningkatkan pembangunan Kota Pekanbaru. Hal ini karena penghargaaan ini cukup bergengsi," ungkap Walikota.

Dari awal kepemimpinan Firdaus-Ayat, nilai investasi di Pekanbaru terus meningkat. Tahun 2013 lalu, Pekanbaru memperoleh investasi sebesar Rp1,7 triliun dari Badan Penanaman Modal Dalam Negeri ditambah Rp5,4 triliun dari Pemilik Modal Asing (PMA). Sementara APBD Pekanbaru hanya Rp2,1 triliun atau 30 persennya dalam pembangunan Kota Pekanbaru.Sementara tahun 2015 sampai akhir Mei lalu, Pekanbaru mendapatkan investasi dari Badan Penanaman Modal Dalam Negeri sebesar Rp1,7 triliun.

"Akhir tahun 2015 nantu kita tagetkan PMA diangka Rp20 triliun. Dana APBD hanya stimulus pembangunan, selebihnya investasi. Ini salah satu strategi pembangunan kota Metropolitan Madani," tambahnya.Meski berbagai prestasi diraih, Pemko Pekanbaru tidak serta merta lupa mempertahankan tradisi yang ada di Pekanbaru. Seperti tradisi Petang Megang yang tiap tahun digelar untuk menyambut bulan suci Ramadan.

Seperti tahun sebelumnya untuk Kota Pekanbaru, kegiatan petang megang dipusatkan ditepian sungai siak di bawah jembatan Siak I. Tahun ini, petang megang yang diikuti puluhan ribu masyarakat kota Pekanbaru itu, dibuka oleh Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi Ssi.

Untuk memeriahkan acara, pemko melalui Dinas Pariwisata juga menggelar lomba tangkap itik bagi masyarakat yang hadir. Ada puluhan itik yang dilepas ke dalam sungai siak dan ditangkap oleh warga.

“Kita berharap acara petang megang yang sudah menjadi tradisi sekaligus wisata religi di Pekanbaru dapat terus berlangsung tahun ke tahun dan didukung penuh oleh masyarakat,” kata Ayat saat petang megang berlangsung baru-baru ini. (adv/hms)

 

Kota Pekanbaru terus berbenah menjadi semakin baik dan maju. Berikut ini geleri photo prestasi dan cara Pemko mempertahankan tradisi.


Menpan- RB, Yudi Silalahi menyerahkan penghargaan kepada Wako Pekanbaru, Dr. Firdaus, MT, dalam ajang Indonesia's Attractiveness Award 2015 tajaan Tempo.

Bersama meteri dan Pejabat Pemerintah daerah lainnya, Dr. Firdaus menunjukkan piagam penghargaan yang telah di terima.

Walikota Pekanbaru, Dr.H. Firdaus, MT dan pejabat Pemko Pekanbaru, Alex Kurniawan Kabag Humas, Azharisman Rozie Kepala BKD, Zulkifli Kadis Bina Marga, M. Jamil Kepala BPTPM, Hermanius Kepala Dinas Pariwista Dan Budaya, di abadikan setelah menerima p

Wawako Pekanbaru ayat Cahyadi, memanjatkan do'a di makam tokoh Agama Pekanbaru, H.Abdullah Hasan.

Wawako bersama rombongan, ziarahi makam pendiri Pekanbaru, Almarhum Pekan di Komp, Masjid Raya Senapelan.

Silat, sebagai penyambut arakan wakil walikota pekanbaru di lakosai Petang megang.

Wawako mengambil sirih dari tepak sebagai tanda di bukanya kegiatan dengan diawati tari persembahan.

Wawako memandikan anak Yatim sempena Berlimau memasuki Ramadhan.

Belasan ribu warga memadati tepian dan di Sungai Siak menyaksikan ritual Petang Megang sambut Ramadhan.