Penyuluhan dan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan di SMAN 1 Bandar Petalangan

Sabtu, 28 November 2015

Penyuluhan dan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan dilaksanakan di sekolah SMAN 1 Bandar Petalangan pada hari Kamis, 26 November 2015

RADARPEKANBARU.COM-Penyuluhan dan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan dilaksanakan di sekolah SMAN 1 Bandar Petalangan pada hari Kamis, 26 November 2015 pukul 10.00 Wib yang di buka oleh ketua OSIS SMAN 1 Bandar Petalangan, selanjutnya  sosialisasi kebakaran hutan dan lahan oleh dimoderatori oleh Dedek Rahlem mengatur proses kegiatan yang berlangsung. Dalam sosialisasi ini disampaikan oleh pemateri Hamka Sari Budiman yaitu salah seorang  Mahasiswa Kehutanan UR.

Sosialisasi yang bertemakan “Langit Biru Tanpa Asap Hutan Hijau Tanpa Api” dari tema tersebut dapat sama-sama kita suarakan untuk meningkatkan bersama kepedulian terhadap lingkungan demi negeri bebas asap. Bandar Petalangan seperti yang kita ketahui juga merupakan daerah yang terjadi kebakaran lahan dan hutan, kebakaran ini terjadi adanya proses pembakaran yang terjadi oleh tiga faktor yaitu 1) Bahan bakar  2)  Panas  3)  Oksigen atau udara. Apabila salah satu faktor tersebut dihilangkan maka kemungkinan kecil kebakaran tidak akan pernah terjadi, selain itu faktor penyebab terjadi kebakaran saat ini oleh manusia.

Kebakaran yang disebabkan oleh manusia baik sengaja mapun tidak sengaja. Kebakaran ini terjadi di lahan gambut sangat sulit untuk dilakukan pemadaman terlebih di musim kemarau dengan kedalaman gambut diatas 1 meter lebih. Untuk kita ketahui gambut sebagai tanah hutan, terbentuk di daerah yg memiliki sistem drainase tanah yang buruk, dimana terdapat curah hujan sangat tinggi sehingga terjadi genangan di lantai hutan kemudian bahan-bahan (serasah) tersebut terakumulasi membentuk gambut.
Kebakaran ini mengakibatkan sumber daya hutan semakin hilang, ekosistem terganggu, serta kerugian ekonomi yang dirasakan masyarakat langsung jika kebun warga setempat ikut terbakar. faktor penyebab terjadi kebakaran lahan dan hutan

•    Sambaran petir
•    Kecerobohan manusia
•    Aktiasi vulkanis
•    Tindakan yg sengaja
•    dll

Efek negative dari kebakaran hutan sangat jelas tampak dirasakan oleh masyarakat seperti asap (mengganggu kesehatan), kerusakan ekosistem ( keseimbangan ekosistem tidak stabil), hilangnya mata pencarian ( kebun yang terbakar). Rusaknya aktifitas sosial lainya.
Selesai pemaparan Presentasi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan dilanjutkan dengan Tanya jawab.
Pertanyaan 1 oleh ketua osis (Fransisko)

1.    melihat keprihatinan tentang asap, apa sebetul sumbu/akar permasalahan dari kebakaran lahan dan hutan ini?
2.    Apa upaya untuk pencegahan yg harus dilakukan untuk pembakaran hutan?

Jawaban

1.    Sumbu/akar permasalahannya adalah “ada api pasti ada asap”. Sebetulnya kita tidak boleh saling menyalahkan siapa yg benar/salah. Kebakaran ini bisa terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja, perlu diingat bersama untuk saling menjaga keberadaan lingkungan sekitar demi mencegah kebakaran terjadi lagi.
2.    Upaya pencegahan banyak yang bisa dilakukan namun perlu penerapan yang layak bagi masyarakat setempat seperti (sosialisasi, penyuluhan, edukasi informal maupun nonformal, kebijakan, perbaikan sistem tata air dan lain sebagainya).

Selanjutnya kerena tidak ada pertanyaan,  kegitan ini juga diselingi dengan kelas inspirasi diisi untuk meningkatkan motivasi pendidikan agar murid-murid tidak hanya terpaku di tingkat SMA saja. Namun kejenjang yang lebih tinggi yaitu tingkat perguruan tinggi. Permasalahan  murid-murid ketika mau memasuki perguruan tinggi  adalah masalah ekonomi, terkait biaya ini yang bisa dimanfaatkan yaitu dengan mencari beasiswa.

Kuliah dengan beasiswa akan meringankan beban orang tua, banyak sekali beasiswa yang di tawarkan di tingkat perguruaan tinggi. Untuk itu alasan ekonomi sebagai hambatan sudah dapat diminimalisisr . Dalam kelas inspirasi ini masing-masing murid diminta membuat manajemen impian. Agar lebih memotivasi siswa untuk bermimpi setinggi mungkin dan sebagai pembelajaran untuk motivasi mereka dalam mencapai impianya dan cita-citanya.  serta membuka cakrawala pemikiran para siswa dan siswi.

Sambil pembuatan manajemen impian, kami menampilkan pemutaran video tentang kehutanan, diharapkan secara umum murid-murid paham akan  hutan dan kehutanan dan peranan fungsi hutan dimasyarakat. Dari pemutaran video tersebut disimpulkan oleh salah satu murid “hutan adalah adanya pepohonan yang banyak tumbuh disuatu areal, berikut adanya binatang-binatang, sungai, dan aktivitas kehidupan di dalamnya.

Sebelum penutupan kegitan sosialisasi di Sekolah ini penyerahan cinderamata kepada Kepala Sekolah yang sudah hadir di ruangan tersebut sekaligus juga pemberian bibit tanaman kehutanan secara simbolis dilakukan oleh ketua pelaksana Perijal Chandra Damanik, juga pemberian cinderamata kepada pemateri oleh Ryan selaku coordinator acara.

Mengakhiri kegiatan di sekolah ini kami meminta sepatah kata dari Kepala Sekolah. Kata sambutan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Bandar Petalangan “Dampak kebakaran menimbulkan asap yang mengakibatkan ekosistem terganggu, sebagai siswa jiwa pramuka betap pentingnya menjaga lingkungan agar langit kita tetap biru”, kebetulan hari ini semua guru dan murid memakai seragam Pramuka.

Ditutup dengan doa, foto bersama dan penanaman bibit tanaman secara simbolis ketua pelaksana  dan kepala sekolah SMAN 1 Bandar Petalangan.Kegiatan selanjutnya dilaksanakan siang pukul 13.30 Wib di Desa Lubuk Keranji Timur setelah Makan siang. Pertama Sambutan ketua pelaksana (Perijal Chandra Damanik) “Tujuan dilaksanakan sosialisasi karlahut ini pertama adalah bantuan dari PC. Sylva Haluoleo yang merupakan tergabung dalam organisasi kehutanan seluruh Indonesia (SYLVA INDONESIA).

Bantuan ini kami berikan berupa sembako yang akan dibagikan untuk masyrakat yang terkena bencana kebakaran lahan dan hutan. Semoga dengan bantuan ini masyarakat dapat menerimanya. Serta masyarakat dihimbau agar lebih menjaga lingkungan sekitar demi mengurangi terbakarnya kebun maupun lahan masyarakat.Kedua sambutan Bapak Samaiman selaku ketua BPD desa Lubuk keranji Timur memberikan renspon yang baik agar terlaksananya kegiatan sosialisasi dan penyuluhan karlahut ini dengan lancar . amin.

Masyarakat diingatkan untuk tetap waspada akan terjadi kebakaran di lahan ataupun di kebun masing-masing warganya.Pembagian sembako kepada masyarakat/warga setempat sebanyak 80 paket yang disediakan oleh panitia diikuti foto bersama masyarakat dan penyerahan kenang-kenangan kedesa melalui ketua BPD. Pembagian sembako ini berdasarkan kriteria yg telah kami samapaikan dan ketentuan aparatur desa dalam penetapan warga yang memperoleh sembako ini.Kegiatan ini diakhiri dengan Penanaman bibit di kantor Desa secara Simbolis dan foto bersama aparatur Desa dan Panitia di depan Kantor Desa. (Rls)

 

Dokumentasi Kegiatan :