Diam-diam Syukri Harto Sekretaris Kota Pekanbaru Diperiksa Terkait Dugaan Penyimpangan Dana Hibah

Rabu, 09 September 2015

Syukri Harto

RADAROEKANBARU.COM -Diam-diam ternyata Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru kembali memeriksa Sekretaris Pemerintah Kota Pekanbaru, Syukri Harto terkait dugaan penyimpangan dana hibah senilai miliaran rupiah. Dalam kasus ini sendiri, Syukri sudah 2 kali diperiksa.

Kepala Kejari Pekanbaru Edy Birton dikonfirmasi wartawan membenarkan pemeriksaan tersebut. Katanya, Syukri diperiksa 8 jam di Intelijen Kejari dan dicecar puluhan pertanyaan.
"Pemanggilan Sekretaris Kota Pekanbaru untuk dimintai keterangan," ungkapnya, Rabu (9/9/2015).

Sebelumnya dalam kasus ini, sebut Edy, Sukri juga sudah pernah diperiksa. Pemeriksaan merupakan upaya pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket) dugaan penyelewengan dana hibah Pemko Pekanbaru tahun 2013.
 
"Pemeriksaan pertama dilakukan bulan lalu, tapi tidak berlangsung lama karena ia tidak membawa dokumen. Makanya pemeriksaan dijadwalkan kembali dan yang bersangkutan membawa data-data," kata Edy

Pantauan di Kejari, Syukri usai diperiksa langsung berjalan menuju mobil yang menjemputnya. Ia malah menyetakan jika kedatangannya ke Kejari bukan dalam proses pemeriksaan.

"Soal pembangunan (bukan pemeriksan. Sudah ya, ke sana saja (tanya ke penyidik)," ujarnya singkat sambil berlalu masuk ke dalam mobilnya.

Dugaan sementara, penyaluran dana hibah senilai miliaran rupiah ini diduga tidak tepat sasaran. Penyaluran dilakukan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru.

Sejauh ini, penyidik Kejari masih enggan menyebutkan berapa dana yang diselewengkan. Penyidik hanya menyebut anggarannya bernilai miliaran rupiah.

Selain memeriksa beberapa pejabat di Pekanbaru, penyidik juga berencana memanggil kelompok masyarakat penerima dana tersebut.

Sebelumnya, penyidik juga telah memeriksa pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru. Saksi tersebut juga termasuk dari bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra). (Lipo)