Ribuan masyarakat dari berbagai desa mengikuti acara maawuo atau menangkap ikan di sungai Tombang

Ahad, 24 Mei 2015

Acara maawuo atau menangkap ikan di sungai Tombang-kampar

KAMPAR-Ribuan masyarakat dari berbagai desa mengikuti acara maawuo atau menangkap ikan di sungai Tombang, di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur, Minggu(24/5/2015).

Maawuo di sungai tombang ini merupakan yang pertama kali dilakukan sejak sungai ini dibangun oleh pemerintah Orde Baru. Meski baru pertama, namun jumlah masyarakat yang hadir tidak kalah dengan acara tradisi maawuo di Danau Bokuok dan Danau Sembat.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Desa M Yusuf ST serta perangkat Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampar Timur.

Membludaknya masyarakat terlihat sejak Minggu (24/5) pagi. Masyarakat datang dari berbagai kalangan dari yang tua hingga anak-anak. Masyarakat yang datang bukan hanya dari Kecamatan Kampar Timur saja namun juga dari kecamatan tetangga seperti Tambang,  Kampar.

Mereka datang dengan menenteng berbagai peralatan yang telah disiapkan seperti pukat atau jaring, jala tangguk dan peralatan lainnya yang bisa  digunakan untuk menangkap ikan.

M Yusuf menjelas, sungai tombang puluhan tahun lalu oleh pemerintah orde baru kala itu bertujuan untuk mengairi sawah masyarakat di Desa koto perambahan, Kecamatan Kampar Timur. "Selama itu pula sungai tombang ini tidak pernah dilakukan pencarian ikan secara massal oleh masyarakat setempat" tandasnya. (SK)