Kanal

Kanada Siap Bekukan Kesepakatan Senjata dengan Saudi

OTTAWA -- Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada Senin (22/10) bahwa Kanada siap untuk membekukan kesepakatan senjata dengan Arab Saudi jika senjata itu terbukti telah disalahgunakan. Pernyataan ini disampaikan Trudeau di tengah meningkatnya tekanan kepada Riyadh atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Komentar Trudeau mengisyaratkan Ottawa mungkin menghentikan kontrak 2014 terkait unit pembuat senjata AS Kanada, General Dynamics Corp, untuk memasok kendaraan lapis baja ringan. Kesepakatan ini bernilai hingga 13 miliar dolar AS.

"Kami sangat menuntut dan berharap bahwa ekspor Kanada digunakan dengan cara yang sepenuhnya menghormati hak asasi manusia. Kami pernah membekukan izin ekspor sebelumnya ketika kami khawatir tentang penyalahgunaan potensial mereka dan kami tidak akan ragu untuk melakukannya lagi," kata Trudeau di Parlemen.

Oposisi kiri Partai New Democrats, yang akan bersaing untuk pemilih yang sama seperti Trudeau pada pemilihan 2019, mengatakan Kanada tidak boleh mempersenjatai Saudi ketika mereka menyerang sasaran sipil di Yaman.

Trudeau mengutuk kematian Khashoggi. Ia mengatakan Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland telah berbicara dengan sekutu untuk membahas langkah selanjutnya. Pada Senin, Trudeau mengadakan pertemuan khusus para menteri dan pejabat pemerintah untuk membahas masalah itu.

Kanselir Jerman Angela Merkel pada Senin juga menyebut pembunuhan itu sebagai 'sesuatu yang ganjil'. Ia bersumpah akan menghentikan ekspor senjata Jerman ke Arab Saudi sampai kasus itu diselesaikan.

Freeland mengatakan pada  Sabtu bahwa penjelasan kerajaan tentang kematian Khashoggi di konsulatnya di Istanbul tidak memiliki kredibilitas. Freeland menolak menjelaskan lebih spesifik terkait alasan Kanada menggunakan kesepakatan senjata untuk kasus Khashoggi.  "Ada pertanyaan yang sangat penting tentang seluruh hubungan dengan Arab Saudi yang perlu ditanyakan," katanya kepada wartawan, Senin. 

Hubungan antara Kanada dan Riyadh telah tegang sejak sengketa diplomatik atas hak asasi manusia awal tahun ini. Pada  Agustus, Arab Saudi membekukan hubungan dengan Ottawa setelah Kanada mendesak pembebasan aktivis hak-hak sipil yang dipenjara di kerajaan itu.

Namun merusak kesepakatan senjata dapat merugikan Liberal secara politis, karena pabrik General Dynamics yang dimaksud berada di London, Ontario, sebuah kota yang secara ekonomi tertekan. Kaum Liberal memegang dua dari tiga kursi di Parlemen London.(rep)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER