Kanal

Pemkab Tanah Datar Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat mengagumi pesatnya perkembangan Kota Pekanbaru dalam beberapa tahun terakhir ini, disamping itu, sektor pendidikan dan pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian khususnya dari para anggota dewan dan sejumlah SKPD dari Kabupaten Tanah Datar tersebut.

Hal itu terungkap saat kunjungan rombongan Komisi III DPRD Tanah datar bersama sejumlah pejabat Tanah datar ke Pemko Pekanbaru, Kamis (8/5) yang diterima Asisten III Azwan MSi bersama sejumlah pimpinan SKPD di ruang multi Media kantor Walikota Pkanbaru.

Rombongan tamu yang dipimpin Hendri Ketua Komisi III bidang pembangunan tersebut, mempertanyakan  kiat-kiat Pemko dalam menarik minat investor ke Kota Pekanbaru,  dan kiat-kiat pemko dalam meyakinkan masyarakat agar mau tanahnya dibebaskan untuk pembangunan jalan baru.

"Di Tanah datar sangat sulit mendapatkan persetujuan masyarakat ketika tanahnya dibutuhkan untuk pembangunan  jalan dan sebagainya. Tapi disini terlihat begitu mudah dilakukan," ujar Hendri  ketua Komisi III DPRD Tanah datar.

Hal lain yang dipertanyakan  rombongan yang berjumlah sekitar 20 tersebut, yaitu konsep Pemko Pekanbaru mewujudkan masyarakat Kota Metropolitan yang Madani.

"Jumlah penduduk yang begini  besar dengan  beragam suku serta agama, bagaimana cara  Pemko Pekanbaru mewujudkan masyarakat yang madani tersebut,"ujar Hendri lagi.

Menanggapi hal itu, Asisten III Azwan MSI menjelaskan secara rinci tentang program-program Walikota pekanbaru terutama yang berkaitan dengan mewujudkan Kota Metropolitan yang madani.

"Kalau kiat yang ditanyakan,  Walikota memiliki cara khusus untuk memberikan pengertian serta sosialisasi kepada masyarakat dengan pergantian secara teknis yang membuat masyarakat merasa tidak dirugikan. Sedangkan untuk konsep pembentukan masyarakat madani Pemko menerapkan program sekolah mengaji dan magrib mengaji, selain itu juga digalakkan pembentukan bank sampah di seluruh sekolah-sekolah," ujar Asisten III yang selanjutnya masing-masing perwakilan SKPD memeberikan penjelasan secara rinci.(ram)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER