Kanal

Pasar Cik Puan Dibangun 10 Lantai

RADARPEKANBARU.COM - Lamanya proses pengelolaan Pasar Cik Puan yang berada di jantung Pemerintah kota Pekanbaru membuat geliat perekonomian menjadi lamban.
Sehingga tidak menghasilkan apa-apa.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT menyatakan  Pasar Cik Puan akan dibangun setinggi 10 lantai. Sedangkan, bangunan lama yang terbengkalai dan sudah menelan dana APBD Rp3,5 miliar akan dirubuhkan.

Untuk pembangunan kembali pasar tersebut, Wako sebutkan tidak menggunakan APBD Pekanbaru maupun Pemprov Riau. Melainkan diserahkan kepada investor yang berminat menanamkan investasinya di Kota Pekanbaru.

"Sudah ada win win solution antara pemprov dan pemko terkait bangunan dan lahan tersebut. Kami juga sudah siapkan solusi yang lain, di mana bangunan tersebut akan dibangun oleh investor. Inginnya itu bangunan 10 lantai, jadi bisa menampung semua jenis dagangan mulai dari basah, kering maupun yang luxury. Untuk dana, akan kami lelang ke investor yang berminat. Dengan begitu, ini akan  menjadi bangunan yang bersih, higienis dan sesuai dengan konsep kota metropolitan nantinya," terang Wako.

Namun untuk uang yang sudah tertanam diharapkan tidak terkubur karena beban pembayarannya ganti rugi akan diberikan kepada investor yang masuk ke Cik Puan. Untuk dua lantai pertama, tambah Wako, akan disiapkan untuk menampung 1.300 pedagang kaki lima (PKL) yang diperioritaskan PKL eks Pasar Cik Puan sebelumnya.

"Setelah itu, akan disiapkan pasar dengan konsep modern seperti mal dan pusat perbelanjaan lainnya. Bangunan bagian atas akan dijadikan hotel yang mendukung program pariwisata Pekanbaru," katanya.

 Saat ditanyakan kenapa tidak dilanjutkan saja bangunan yang sudah ada, Wako menyatakan itu bisa saja. Namun, hanya bisa menampung 800 PKL. Firdaus mengatakan, pedagang tidak perlu khawatir terkait sewa kios, karena akan dibantu Pemko dengan sistem yang tidak memberatkan.

"Tahun ini kami coba tawarkan ke investor, dan beberapa investor kemarin sudah menyatakan minatnya. Kami hanya menunggu investor yang mana benar-benar tertarik mengelola ini dengan aturan yang ada tentunya," ulasnya Wako.(ram)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER