Kanal

Truk Rusak Bikin Macet Jalan Lintas Duri-Pekanbaru

DURI, RADARPEKANBARU.COM - Kondisi  Jalan Lintas Duri-Pekanbaru yang bergelombang dan rusak , membuat truk Fuso bernomor polisi BA 9973 E bermuatan peralatan pentas untuk peresmian Bandara Kualanamu, Medan rusak karena patah as saat berada di pendakian depan SMPN 4 Mandau, tak jauh dari Simpang Pokok Jengkol Duri, Jumat (21/3). Akibatnya, arus lalu lintas di jalur lintas Duri-Pekanbaru mengalami macet parah dan panjang. 

Sopir truk, Yan R (55) mengaku, truk berat yang dikendarainya mengalami patah as saat berada ditanjakan jalan yang mengalami rusak tersebut, sekitar pukul 06.00 WIB. "Saat melintas tadi pagi, (kemarin,red ) truk dalam kondisi merangkak di jalan yang rusak ini. Karena muatannya cukup berat dan ayunan yang cukup keras menyebabkan as nya patah," ujar lelaki asal Maninjau Sumbar ini.

Hingga pukul 16.00 WIB kemarin, mobil berat tersebut masih berada di tengah jalan yang rusak cukup parah itu. Menurut Yan, dia dan rekan-rekan sudah menghubungi mekanik bengkel Budi Agung Jalan Hang Tuah, Duri. "Mekaniknya sudah ke sini. Peralatannya masih terongok di situ. Tapi belum datang juga membawa as pengganti," katanya. Akhirnya Yan terpaksa datang ke bengkel bersangkutan agar mekanik tersebut segera memasang as baru.

Rekan Yan bernama Jon A mengaku, mereka berkonvoi dari Jakarta sejak tiga hari yang lalu. "Kami membawa peralatan pentas untuk acara RI 1 dalam peresmian Bandara Kuala Namu. Paling lambat Sabtu (hari ini,red) semua barang-barang yang kami bawa sudah sampai di tempat," ujarnya sembari menyebut peresmian Bandara baru itu direncanakan pada 27 Maret nanti.

Akibat kerusakan ini, arus lalu lintas menjadi macet cukup panjang dari Simpang Pokok Jengkol hingga ke depan Gate 2 CPI.

Ratusan kendaraan terpaksa merangkak pelan. Sejumlah petugas Satlantas dan Dishub yang turun ke lapangan tak bisa berbuat banyak, selain berupaya semaksimal mungkin mengatur arus lalu lintas dengan sistem buka tutup.

Kemacetan yang terjadi tak ayal mengusik ketenangan pengguna jalan. "Inilah kalau pemerintah lalai memperbaiki jalan. Sudah jelas jalannya rusak begini, tidak juga diperbaiki. Patahnya as truk ini salah satu penyebabnya adalah kondisi jalan yang rusak. Akibatnya semua kita jadi repot," ujar Pendi seorang penguna jalan.(rp)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER