Kanal

Malaysia akan Jelajah Budaya di Pekanbaru dan Kampar

PEKANBARU, RADARPEKANBARU.COM - Para pecinta budaya dan kesenian dari Kerajaan Malaysia yang tergabung dalam Homestay Malaysia berencana akan melakukan jelajah Nusantara di Pekanbaru dan Kampar dengan wilayah tujuan Kampung Bandar Senapelan dan Tebing Tinggi Okura di Pekanbaru, serta Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, yang dijadwalkan selama 3 hari sejak Jumat-Senin (27-30/3) yang difasiltasi oleh Pemko Pekanbaru melalui Dinas Budaya dan Pariwisata Pekanbaru.

Kepastian rencana kunjungan dan kedatangan rombongan tim budaya Kerajaan Malaysia itu ditetapkan dalam pertemuan antara Dinas Pariwisata yang dipimpin oleh Kadis Drs H Dastra Yani Bibra MSi didampingi oleh H Syarkawi SPd MM Kasi Rekreasi dan Hiburan, dengan  Presiden Persatuan Homestay Malaysia Datuk H Sahariman bin Haji Hamdan  dan Azmi, serta  Abd Hakim SPd utusan dari Candi Muara Takus Kampar yang  digelar Kamis (6/3) di kantor Dinas Budaya dan Pariwisata Pekanbaru.

Dijelaskan Datuk H Saiman bahwa rombongan yang  akan datang dari Malaysia direncakanan 60 orang yang terdiri dari ahli bahasa, ahli budaya, grup kesenian dan ahli masakaan daearh, yang akan dibagi menjadi 25 orang akan diitempatkan di Tebing Tinggi Okura, 25 orang di Kampung Bandar Senapelan, dan 10 orang di Muara Takus.

"Kita berencana akan jelajah budaya, berbaur dengan masyarakat, akan menginap, masak-masak serta makan bersama dengan masyarakat, serta akan berkumpul dan bermain bersama dalam pertukaran pertunjukan budaya siang dan malam, dengan biaya disediakan oleh grup dari Malaysia," ujar Datuk H Saiman yang mengaku masih keturunan kerajaan Pegaruyung itu.

Ditambahkan Datuk Sahariman bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mempererat hubungan antara kedua negeri serumpun ini, karena sebetulnya antara Malaysia dan Indonesia terkhusus Riau dan Sumatera Barat dan Riau Kepri adalah memiliki sangat banyak kesamaaan budaya.

Memperkuat penjelasan tersebut, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Pekanbaru Dastra Yani Bibra menyebutkan bahwa rombongan yang berada di Okura dan Kampung Bandar akan mengina di rumah masyarakat serta masak bersama, makan bersama, gelar kesenenian siang dan malam serta bersama-sama ke masjid pada waktu sholat.

"Sedangkan untuk rombongan yang ke Muara Takus Kampar akan didampigi oleh Dinas Pariwisata Pekanbaru berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kampar. Akan dipadatkan dalam 1 hari acara sejak pagi hingga sore tepatnya Sabtu tanggal 29 Maret 2014. Di Muara takus akan digelar kesenian rakyat serta jelajah budaya Muara takus dengan dihadiri oleh masyarakat setempat serta para pejabat di wilayah XIII Koto Kampar atau pun dari Kabupaten,"ungkap Dastra Yani Bibra.

Ditambahkan Kadis bahwa direncanakan akan dilaksnakan acara ramah tamah secara keseluruhan dengana Walikota Pekanbaru, da n Datuk Sahariman akan berupaya menghadirkan menteri atau Sekjen Menteri  Pelancongan dan Kebudayaan Kerajaan Malaysia. Selain itu akan ada works shop tentang budaya atau bahasa dengan narasumber dari kalangan budayawan Provinnsi Riau.(adv/hms/ram)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER